528 Warga Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi Dievakuasi

WULANGGITANG, Pojokbebas.com–Tim SAR Gabungan mengevakuasi 528 warga Desa Nurabelen, Kecamatan Ile Bura yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi di Flores Timur, NTT.

Doris Rihi, Penjabat Bupati Flores Timur mengatakan, setelah melakukan pendekatan terhadap masyarakat, pihaknya mengimbau warga agar mengungsi.

“Melihat perkembangan meningkatnya erupsi dan lahar yang bisa menerjang permukiman, kami ajak masyarakat evakuasi ke Konga,” kata Rihi.

Sebagian besar warga mengungsi ke posko pengungsian di Desa Konga, Kecamatan Titehena untuk menghindari hambatan akses logistik.

Doris mengatakan pihaknya melakukan komunikasi dengan Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki untuk melihat perkembangan erupsi gunung yang berstatus Awas itu.

“Kami juga butuh informasi mengenai apakah mengeluarkan awan panas atau tidak,” ucapnya.

Lebih lanjut Rihi menjelaskan, pihaknya belum memberlakukan penutupan akses jalan Trans Flores dari Larantuka ke Maumere melewati Desa Dulipali.

Sebab hal itu akan berpengaruh pada banyak hal, seperti penyaluran bahan bakar minyak (BBM) untuk wilayah Larantuka, Solor, dan Adonara.

BACA JUGA:
Basarnas Manado: 5.574 Warga Dievakuasi Akibat Erupsi Gunung Ruang
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More