kominfo iklan

86 Paroki Keuskupan Ruteng dan 150 UMKM Ikut Festival Golo Koe

175
Opening ceremony Festival Religi-Kultural Golo Koe di Marina Waterfront City Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT, Senin (8/8/2022). Foto/Robert Perkasa

 

LABUAN BAJO | Pojokbebas.com | Sebanyak 1.179 utusan  dari 86 Paoki se-Keuskupan Ruteng dan 150 UMKM ikut  terlibat dalam pameran kuliner selama Festival Golo Koe berlangsung di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Opening ceremony Festival  tersebut berlangsung hari ini, Senin (8/8/2022) petang Wita di Marina Waterfront City Labuan Bajo. Festival religi-kultural itu digagas oleh Keuskupan Ruteng itu digelar selama sepekan ke depan, 8-15 Agustus 2022.

Ketua Panitia Festival  Golo Koe, RD Manford dalam sambutannya menjelaskan, ada beberapa kegiatan penting yang mengisi pesta rakyat ini.

kabupaten sika

“Pagi tadi ada kita sudah mulai dengan kegiatan sosial berupa pemberian sembako  bagi keluarga dan panti- panti sosial yang membutuhkan”, jelasnya.

Ia menambahkan, setelah itu ada kegiatan pameran dan kuliner,  pentas seni tradisional dan modern, kegiatan ekologis berupa penanaman bambu dan bakau serta pembersihan sampah di beberapa titik di Kota Labuan Bajo.

Selain itu, juga ada seminar pariwisata, kebangunan rohani Katolik, donor darah dan pemberian vaksin boster bagi peserta yang berminat, Misa harian di Gua Maria Golo Koe setiap hari dan prosesi Patung Bunda Maria Asumta Nusantara.

obor ormas
Drum Band SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo memeriahkan opening ceremony Festival Religi-Kultural Golo Koe di Marina Waterfront City Labuan Bajo, Senin (8/8/2022). Foto/Robert Perkasa

 

“Yang unik dari seluruh rangkaian kegiatan Festival Golo Koe ini adalah prosesi Maria Asumta Nusantara yang akan dilakukan di darat dan di laut pada tanggal 14 Agustus 2022.  Juga akan ada Misa harian di Gua Maria Golo Koe setiap hari dan Misa akbar hari raya Maria Asumta pada 15 Agustus 2022 di Marina Waterfront City Labuan Bajo”, terang RD Manford.

Dalam rangka memuliakan pesta rakyat ini, panitia juga menghadirkan artis ibukota Ivan Nestorman dan Inka Skolastika. “Namun kami meyakini bahwa artis utama selama event Festival Golo Koe ini adalah Maria Asumta Nusantara”, ujarnya.

BACA JUGA :  Tutup Festival Golo Koe Labuan Bajo, Ini Pesan Uskup Ruteng

Dia jelaskan, Festival Golo Koe  diikuti oleh 1.179 utusan dari 86 Paroki dan lembaga sekolah se-Keuskupan Ruteng, paguyuban-paguyuban nusantara di Labuan Bajo, tokoh lintas agama dan Pemkab Manggarai Barat.

Turut terlibat dalam kegiatan pameran dan kuliner ada 150 UMKM dari seluruh wilayah Keuskupan Ruteng.

Dijelaskan pula, seluruh pembiayaan Festival ini ditanggung secara mandiri oleh Paroki-Paroki dan lembaga-lembaga dan juga didukung oleh para donatur, para sponsor, Pemkab Mabar, Polres Mabar, Kemenparekraf, Kemenkominfo dan Badan Pariwisata Otorita-Labuan Bajo Flores (BPO-BLF).

“Kami berterimakasih untuk segala bentuk support dan semoga hari-hari ke depan menjadi pengalaman penuh sukacita bersama Bunda Maria Asumta Nusantara di bumi Premium ini”, tutup RD Manford. *(Robert Perkasa)

knpi
hanura

Leave A Reply

Your email address will not be published.