Angka Stunting di Desa Liang Sola Menurun 19,35 %

125

Kepala Desa Liang Sola, Adrianus Harsi saat memberikan asupan gizi kepada seorang anak sasaran kegiatan Launching Pos Gizi Terpadu dan Terpusat di ruang rembuk stunting Desa Liang Sola, Senin (20/6/2022).

 

LEMBOR | Pojokbebas.com |Camat Lembor, Raymundus Mahar, SP memberi apresiasi kepada pemerintah Desa Liang Sola atas komitmen dan kerja nyata  meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya.  Data menunjukkan angka stunting di Desa itu kini mengalami penurunan drastis dari 40,67 % menjadi 21,32 % dari total angka stunting 559 anak (26,92%) di Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Ia menegaskan hal ini ketika  membuka kegiatan
Launching Pos Gizi Terpadu dan Terpusat yang diimplementasikan di Ruang Rembuk Stunting Desa Liang Sola, Senin (20/6/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Tim Percepatan Stunting dari Kecamatan Lembor ; Kepala Puskesmas Wae Nakeng dan Bidang Gizi PKM Wae Nakeng, Perwakilan Kapolsek Lembor, Perwakilan BKKBN Kecamatan Lembor, perwakilan Koramil 1612-06 Lembor dan mitra Desa Wahana Visi Indonesia, Kader posyandu se-Desa Liang Sola serta sasaran anak-anak yang menjadi peserta kegiatan.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk tujuan percepatan penurunan stunting di kecamatan Lembor. Data stunting di Kecamatan ini sebanyak 559 anak atau sebesar 26,94%. Saya mengapresiasi kerja keras pemerintah Desa Liang Sola selama ini karena data stuntingnya menurun dari angka 40,67% menjadi 21,32%”, beber Camat Raymundus.

Senada, Kepala Puskesmas Wae Nakeng, Fransiska Ratnayati Babur, S.Farm mengapresiasi program Pemerintah Desa Liang Sola memerangi stunting yang dijalankan secara konsisten dan berkesinambungan. Dampak positifnya bagi masyarakat terlihat dari angka penurunan stunting di Desa ini.

“Kami berterima kasih atas kerja nyata bapak  Kepala Desa Liang Sola menjalankan kegiatan pos Gizi dengan tema Cantig Gemas (percepatan penurunan stunting untuk Generasi Emas). Desa ini menjadi Desa pertama yang konsisten melakukan kegiatan seperti ini di wilayah kerja Puskesmas Wae Nakeng”, imbuhnya.

BACA JUGA :  Stunting di Kabupaten Sikka Menurun

Fransiska menjelaskan lebih detail
item item kegiatan antara lain, sosilaisai Pos Gizi dan praktek PMBA bagi kader. Melakukan kegiatan pemantauan perkembangan gizi anak secara berkala  dan akan melakukan evaluasi.

Kegiatan Launching Pos Gizi Terpadu dan Terpusat terbagi dalam dua termin. Termin pertama untuk kegiatan Terpusat selama 14 hari di Ruang Rembuk Stunting Desa Liang Sola. Sasaran bayi dan balita 6-24 bulan sebanyak 8 orang (7 balita stunting, dan 1 balita BGM). Sedangkan termin kedua selama 15-90 hari dilakukan di rumah masing masing sasaran.

Basis data sasaran diambil dari hasil penimbangan bulan Pebruari  2022 yang tersebar di masing masing titik posyandu, yakni posyandu Nangka (3 anak), posyandu Waemata (4 anak), posyandu Leweng (1 anak) yang berusia 6-24 bulan.

Dalam kegiatan ini, petugas kesehatan lainnya, Theresia Duka, Amd. Gz melakukan simulasi pola   gizi bagi bayi dan balita.

Siap Membantu

Perwakilan Wahana Visi Indonesia, Yohanes Aryatno Hutomo, S,Kep,Ns mengatakan siap membantu pemerintah Desa dan stakeholder lainnya untuk mendukung niat baik pemerintah.

“Kita tidak sedang melakukan pencegahan karena data menunjukan kita sedang bermasalah atau anak kita sedang bermasalah. Karena itu tak ada jalan lain selain harus dan harus dengan kegiatan pos Gizi terpusat ini. Dalam kesempatan monitoring nanti kita bisa melakukan inovasi perbandingan perilaku penyimpangan positif dan negatif pola asuh masing masing sasaran”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Liang Sola, Adrianus Harsi dalam sambutannya mengimbau  warganya agar warganya, khususnya para orangtua anak sasaran) memaksimalkan kegiatan tersebut.  Adrianus juga mengharapkan kerjasama, kerja keras dan kerja cerdas semua pihak agar komitmennya menjadikan desa Liang Sola zero stunting akan terwujud. (Robert Perkasa)

BACA JUGA :  160 Lansia Terima Vaksinasi Lanjutan, Wabup Mabar Targetkan Vaksinasi Selesai Juli
kominfo iklan

Leave A Reply

Your email address will not be published.