Buka Webinar MWA-UI, Wapres: Puskesmas Gatekeeper Layanan Kesehatan

Wapres:Puskesmas Gatekeeper Layanan Kesehatan
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin|Foto istimewa

 

JAKARTA, Pojokbebas.com– Puskesmas memiliki perean penting sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Hal itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin pada kesempatan membuka Webinar Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA-UI).

Ma’ruf Amin menjelaskan bahwa puskesmas tak hanya memiliki fungsi layanan kesehatan kuratif, tapi juga harus memberikan layanan pemberdayaan kesehatan.

“Dalam suatu negara besar, yang memiliki sistem jaminan kesehatan nasional berbasis asuransi kesehatan, berfungsinya FKTP secara optimal merupakan keharusan,” kata Wapres, Kamis (25/3).

Puskesmas, lanjut Wapres, merupakan titik pertama yang dikunjungi pasien sebelum ke rumah sakit. Oleh sebab itu, kunci pengendalian kesehatan adalah dengan menempatkan puskesmas sebagai penjaga gawang atau gatekeeper di tingkat akar rumput.

Menurutnya, apabila peran gatekeeper dijalankan dengan maksimal, diyakini bisa menurunkan biaya kesehatan secara nasional. Namun, dia mengakui, banyaknya pasien yang harus dilayani belum sebanding jumlah puskesmas. Akibatnya, puskesmas fokus pada pelayanan kuratif dan tidak fokus pada pelayanan promotif dan preventif.

BACA JUGA:
Wapres Ma'ruf Amin Hadiri HUT Ke-51 PDI Perjuangan
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More