kominfo iklan

Bupati Robi Optimis Sinode II Keuskupan Maumere Perkokoh Sinergitas Bangun  Kabupaten Sikka

343
Bupati Robi Optimis Sinode II Keuskupan Maumere Perkokoh Sinergitas Bangun Kabupaten Sikka
Dari kiri ke kanan: Sekretaris Uskup Maumere, RD. Ephy M.N. Rimo, Bupati Fransiskus Roberto Diogo, Vikjen RP. Telesforus Jenti, O.Carm; dan Sekretaris II Sinode Adrianus Firminus Parera sedang memimpin Rapat Pleno Sinode II Keuskupan Maumere di Kherubim Center Hall Jalan Soekarno Hatta Maumere, Sabtu (224/9/2022). Foto Walburgus Abulat

 

MAUMERE, Pojokbebas.com- Bupati Kabupaten Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si atau yang akrab disapa Bupati Robi mengemukakan bahwa Sinode II Keuskupan Maumere (KUM) yang puncaknya akan digelar pada 24 hingga 28 Oktober 2022 di Paroki Nita dan Seminari Tinggi Interdiosesan Santo Petrus Ritapiret bisa memperkokoh sinergisitas dalam upaya membangun Kabupaten Sikka.

“Sinode II KUM bisa menjadi momen memperkokoh sinergitas dalam upaya membangun Kabupaten Sikka,” kata Bupati Roby Idong yang juga Ketua II Panitia Sinode II Keuskupan Maumere ketika berbicara dalam pertemuan Pleno Panitia Sinode II KUM di Kherubim Center Hall (KCH) Jalan Soekarno Hatta Maumere, Sabtu (24/9/2022).

Rapat ini pleno II ini dipimpin Sekretaris I Sinode RD. Ephy M.N. Rimo dan Sekretaris II, Adrianus Firminus parera yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Sikka.

Hadir dalam rapat ini di antaranya  Ketua Pelaksana I Sinode II yang juga Vikjen Keuskupan Maumere RP. Telesforus Jenti, O.Carm; Ketua Pelaksana II yang juga Bupati Kabupaten Sikka Fransiskus Roberto Diogo; Direktur Puspas Keuskupan Maumere, RD. John Eo Towa;  para pastor paroki, ketua bidang dan seksi serta pengurus terkait lainnya.

Bupati Robi Optimis Sinode II Keuskupan Maumere Perkokoh Sinergitas Bangun Kabupaten Sikka
Dari kiri ke kanan: Ketua Seksi Publikasi dan Dokumentasi Sinode II KUM, RD. Polikarpus Sola, Pastor Paroki Santo Thomas Morus Maumere, RD. Laurensius Noi, Pastor Paroki Ili, RD. John Bajo, dan Direktur Politeknik Cristo Re, RD. Richardus Muga dengan penuh perhatian mendengarkan materi rapat pleno yang dibawakan setiap seksi di Kherubim Center Hall Maumere, Sabtu (24/9/2022). Foto Walburgus Abulat

 

Bupati Robi pada kesempatan ini menggarisbawahi dukungan Pemerintah untuk kesuksesan pelaksanaan Sinode II KUM.“Pemerintah memberikan dukungan penuh dengan segenap hati, kemampuan, kewenangan dengan pertimbangan Kabupaten Sikka pesat penduduknya dengan jumlah penduduk Katolik 287 ribu dan pentingnya kemitraan pemerintah bersama dengan Gereja dalam membangun masyarakat,” kata Bupati.

Bupati berharap agar  Sinode II KUM bisa menyumbang pikiran bagi kemajuan pembangunan Kabupaten Sikka karena perencanaan yang diajukan dari komunitas basis, pendekatan top-down dipertemukan, pendekatan partisipatif dari samping kiri dan kanan. “Diyakini proses yang suci didasari ketulusan, membuka peluang seluasnya bagi umat, apa yang dirasa dan diharapkan. Selaku Ketua II, saya  mendukung penuh kegiatan. Tetap dalam semangat kebersamaan dan perjuangan kita bersama.”

BACA JUGA :  Presiden Joko Widodo Ingatkan APEC Kembali Ke “Bogor Goals” Agar Keluar Dari Krisis Saat Ini

Bupati mengakui bahwa pengalaman hasil Sinode I menjadi referensi pertama dalam membangun visi dan misi Kabupaten Sikka dengan hasil antara lain Kabupaten Sikka dapat mengakses pelayanan kesehatan, pendidikan (Keluarga tidak mampu dapat mengakses PT), infrastruktur (air minum, rumah layak huni), ekonomi (kebutuhan pangan tercukupi).

Siap Sukseskan Sinode II KUM

obor ormas

Sementara Ketua Pelaksana I Sinode II KUM, RP. Telesforus Jenti, O.Carm kepada wartawan usai sinode mengemukakan bahwa dari pemaparan yang disampaikan perwakilan OC dan SC, serta perwakilan seksi-seksi dalam pleno terakhir ini diketahui bahwa semua pihak yang terlibat menyatakan kesiapan untuk menyukseskan pelaksanaan Sinode II dimaksud.“Semua pihak telah siap menyukseskan Sinode II KUM ini,” kata RP. Telesforus Jenti.

Telesforus Jenti, O,Carm  meminta dukungan doa dari semua elemen umat di Keuskupan Maumere untuk kesuksesan pelaksanaan Sinode II dimaksud.“Saya meminta dukungan doa dari semua umat untuk kesuksesan pelaksanaan Sinode II KUM ini. Kita juga berdoa agar Sinode II ini sungguh menghadirkan Kerajaan Allah di Keuskupan kita,” kata Vikjen.

Sementara dalam arahannya sebelum menutup rapat pleno, RP. Telesforus Jenti, O.Carm yang juga merupakan Vikjen Keuskupan Maumere ini antara lain meminta semua seksi untuk mempersiapkan diri dengan baik dengan tugasnya masing-masing dan agar paroki-paroki segera mengirimkan daftar peserta yang mengikuti sinode.

Vikjen juga mengingatkan semua seksi agar menggunakan dana pelaksanaan sinode dengan baik dan pemanfaatannya dilaporkan ke  bendahara.

Sementara Ketua Seksi Persidangan RD. Domi Dange, Wakil Ketua OC, Cyri da Costa, Bendahara Sinode RD. Fancy Sare, Anggota Seksi Perlengkapan yang juga Pembina Seminari Interdiosesan Santo Petrus Ritapiret RD. Patrick  D. Guru, Seksi Konsumsi: RD. Yohanes Satu Ndopo; Pastor Paroki Nita RD. Stef Lebuan, : Seksi Liturgi RD. Agustinus Pitang. Tim SC: RD. Yohanes Eo Towa,Seksi Dokumentasi dan Publikasi RD. Polikarpus Sola, Seksi P3K dr. Clara Yosephine Francis, MPH dan beberapa ketua seksi lainnya dalam laporan mereka antara lain menyatakan kesiapan untuk menyukseskan Sinode II KUM sesuai bidang tugas yang dipercayakan.

BACA JUGA :  Sinode II Keuskupan Maumere: Dari Umat, Oleh Umat, dan Untuk Umat

Sementara Seksi Sekretariat dalam laporannya antara lain menginformasikan beberapa hal. Pertama, dari total 836 KBG di Sikka yang buat sinode ada 714 (85,41%) dan dari yang ikut ini yang sudah melaporkan hasil sinode ke Puspas sebanyak 583 (81, 65%).

Kedua, Sinode Paroki diikuti  38  dan berjalan 100%, dan yang  sudah melaporkan ke Puspas hasil sinode paroki ada 10 paroki, sementara paroki=paroki yang lainnya  sedang diusahakan pengumpulan dokumen hasil sinode parokinya.

Ketiga, peserta sinode keuskupan yang sudah terekam dalam google form ada 191 orang Lengkap dengan tawaran untuk  pembagian kelompok dan foto pas untuk kebutuhan ID Cardnya.

Keempat, Puspas sedang membuat rangkuman evaluasi tahunan paroki sejak 2014-2021 dan rangkuman dari 538 Sinode Komunitas.(Walburgus Abulat)

knpi
hanura

Leave A Reply

Your email address will not be published.