Covid Varian Omicron Masuk China, 3 Kota Dikunci

70
Covid Varian Omicron Masuk China, 3 Kota Dikunci
China menutup rapat alias lockdown tiga kota menyusul ditemukannya Covid-19 varian Omicron di negara itu. ilustrai

 

BEIJING, Pojokbebas.com-China menutup rapat alias lockdown tiga kota menyusul ditemukannya Covid-19 varian Omicron di negara itu. Dengan kebijakan itu, sekitar 19, 6 juta penduduk negara komunis itu dikurung dalam rumah mereka.

Seperti diberitakan media AP, Kota Anyang di provinsi Henan, menjadi kota ketiga yang di-lockdown setelah ditemukan dua kasus Omicron pada Senin (10/1/2022) malam. Sebanyak 5,5 juta warga yang menghuni kota ini tidak diperbolehkan keluar dan toko-toko telah diperintahkan tutup kecuali toko yang menjual sembako. Sebelumnya, Kota Xi’an yang berpenduduk 13 juta orang telah dikurung selama hampir tiga minggu, dan Kota Yuzhou berpenduduk 1,1 jiwa dikurung selama lebih dari seminggu.

Kasus-kasus omicron di Anyang diyakini terkait dengan dua kasus lain yang ditemukan di Tianjin pada Sabtu lalu. Belum jelas berapa lama penguncian akan berlangsung di Anyang, karena diumumkan sebagai langkah untuk memfasilitasi pengujian massal penduduk. Ini merupakan prosedur standar dalam strategi China untuk mengidentifikasi dan mengisolasi orang yang terinfeksi secepat mungkin.

Penguncian terluas sejak penutupan Wuhan ini mempengaruhi sejumlah event penting yang sudah diagendakan. Salah satunya adalah Olimpiade Musim Dingin yang berlangsung Beijing pada 4 Februari mendatang.

Huang Chun, pejabat Olimpiade Beijing yang bertanggung jawab atas pengendalian penyakit mengatakan, pihaknya mengandalkan kerja sama para atlet dan ofisial untuk mencegah wabah yang dapat mempengaruhi partisipasi.

Jika transmisi klaster massal terjadi, itu akan berdampak pada Olimpiade dan jadwal pasti. “Skenario terburuk, jika itu terjadi, tidak tergantung pada kehendak manusia, jadi kami membiarkan opsi kami terbuka,” ungkap Huang seperti diberitakan AP, Rabu (12/1/2022).

BACA JUGA :  Pemda Belu Anggarkan Rp6 Miliar Lebih untuk Renovasi Kantor Kejaksaan Negeri Belu
kominfo iklan

Leave A Reply

Your email address will not be published.