Dinas PKO Sikka Apresiasi Siswa SMPK Frater yang Meraih Medali Emas Bidang Studi IPS Terpadu Kompetisi Sains Tingkat Nasional

315
Dinas PKO Sikka Apresiasi Siswa SMPK Frater yang Medali Meraih Emas Bidang Studi IPS Terpadu Kompetisi Sains Tingkat Nasional
Siswa SMPK Frater Maumere yang meraih Medali Emas Bidang Studi IPS Terpadu Aaron Evander Kurniawan (kanan) dan juara harapan Sixtia Amelia Mekeng (kiri) berpose bersama Kasek SMPK Frater Maumere, Fr. Herman Yoseph, BHK, S.Pd (tengah) di Ruang Kasek Frater Maumere, Selasa (16/11/2021). Foto Walburgus Abulat

 

MAUMERE, Pojokbebas.com – Plt Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Sikka, Provinsi NTT, Marthen  Luther Adji menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prestasi salah seorang siswa SMPK Frater Maumere, Aaron Evander Kurniawan yang menggondol medali emas setelah meraih  juara I Bidang Studi IPS Terpadu ajang lomba Kompetisi Sains Tingkat Nasional secara online yang pengumuman kejuaraannya disampaikan oleh Panitia Pusat Prestasi Nasional pada 12 November 2021 lalu.

“Dinas PKO Kabupaten Sikka menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih siswa SMPK Frater yang meraih medali emas di Tingkat Nasional,” kata Marthen Luther Adji yang dihubungi media ini, Selasa (16/11/2021).

Mantan Camat Kangae dan Camat Alok Barat ini mengaku sangat bangga karena prestasi yang diraih siswa SMPK Frater itu terjadi di tengah masa pandemi covid-19. “Ini berarti, anak-anak kita, khususnya SMPK Frater selalu menggunakan momen apa pun untuk mengukir prestasi, termasuk di saat situasi pandemi covid-19 saat ini. Ini luar biasa,” kata Marthen.

Marthen Luther Adji meminta kaum pelajar di Kabupaten Sikka untuk selalu termotivasi meraih hal-hal positif di masa pandemi covid-19 dengan rajin belajar, dan bisa mengikuti ajang kompetisi di bidang studi apa pun, baik di tingkat daerah, provinsi, nasional, maupun internasional. “Saya mengajak agar para siswa terus termotivasi untuk belajar dan mengukir prestasi di bidang apa saja di masa pandemi covid-19 ini,” pintanya.

Dinas PKO Sikka Apresiasi Siswa SMPK Frater yang Medali Meraih Emas Bidang Studi IPS Terpadu Kompetisi Sains Tingkat Nasional
Peraih Medali Emas Bidang Studi IPS Terpadu Aaron Evander Kurniawan (ke-2 dari kanan) dan juara harapan Sixtia Amelia Mekeng (ke-2 dari kiri) berpose bersama Kasek SMPK Frater Maumere, Fr. Herman Yoseph, BHK, S.Pd (tengah) dan dua guru pendamping bidang Studi IPS Ibu Maria Octaviana, S.Pd (kiri) dan Albertus Lidi Dong, S.Pd (kanan) berpose bersama di Ruang Kasek SMPK Frater dengan latar belakang aneka piala yang diraih lembaga pendidikan itu untuk semua kompetisi ilmu dan olahraga selama ini, Selasa (16/11/2021). Foto Walburgus Abulat

 

Bangga Harumkan Nama Sikka dan NTT

Sementara Siswa Kelas IX SMPK Frater Maumere Aaron Evander Kurniawan yang meraih medali emas di tingkat nasional setelah keluar sebagai juara I ajang Kompetisi Sains Tingkat Nasional Bidang Studi IPS Terpadu mengaku bangga karena bisa mengharumkan nama  SMPK Frater, dan nama Kabupaten Sikka/Provinsi NTT di Tingkat Nasional.

“Saya sangat bangga dengan pencapaian medali emas dalam ajang Lomba Kompetisi Sains Tingkat Nasional untuk Bidanbg Studi IPS Terpadu ini. Saya bangga karena bisa mengharumkan nama SMPK Frater, Kabupaten Sikka dan Provinsi NTT di Tingkat Nasional,” kata Aaron Evander Kurniawan didampingi Kepala SMPK Frater Maumere Fr. Herman Yoseph, BHK, S.Pd dan dua guru  pendamping Bidang Studi IPS Ibu Maria Octaviana, S.Pd dan Albertus Lidi Dong, S.Pd serta staf Humas/Guru Agama SMPK Frater Thomas Tunga, S.Fil  kepada media ini di  Ruang Kasek SMPK Frater Maumere, Selasa (16/11/2021) ,

Aaron sulung dari  dua bersaudara pasangan Andry Kurniawan dan Yurika Soegiyono ini menjelaskan ia dan salah seorang siswa SMPK Frater Maumere lainnya bernama Sixtia Amelia Mekeng mengikuti  lomba bidang Studi IPS Terpadu Tingkat Nasional selama dua hari pada 8 dan 9 November 2021.

“Pada hari pertama tanggal 8 November 2021, saya  dan peserta lainnya mengerjakan 8 soal uraian. Sementara pada lomba hari kedua, tepatnya 9 November 2021, kami mengerjakan soal pilihan ganda 60 nomor, dan uraian 8 nomor dengan durasi waktu 2,5 jam. Semua soal, saya kerjakan dengan baik,” kata Aaron.

Aaron mengaku optimis meraih prestasi gemilang sebelum pengumuman pemenang  ajang lomba ini diumumkan, karena selama ini ia mempersiapkan diri secara  baik dengan membaca dan menguasai materi seputar IPS Terpadu dari pelbagai buku, dari internet, dari nonton televisi, dan sumber-sumber ilmiah lainnya. “Setelah mengerjakan soal dengan baik, maka saya sudah mulai optimistis bahwa saya dapat medali,” kata Aaron.

Optimisitis Aaron memang menjadi kenyataan, tatkala Panitia Pusat Prestasi Nasional mengumumkan namanya sebagai juara I dan berhak mendapatkan medali emas Kompetisi Sains Nasional untuk Bidang Studi IPS Terpadu. “Saya sangat bergembira karena perjuangan saya dan bimbingan guru pendamping bidang studi dan dukungan Kepala Sekolah dan semua komponen sekolah membuahkan hasil dengan mempersembahkan medali emas,” kata Aaron-pengagum Fisikawan Albert Einstein dan Kim Jennie ini.

Dinas PKO Sikka Apresiasi Siswa SMPK Frater yang Medali Meraih Emas Bidang Studi IPS Terpadu Kompetisi Sains Tingkat Nasional
Peraih Medali Emas Bidang Studi IPS Terpadu Aaron Evander Kurniawan  (kanan) dan juara harapan Sixtia Amelia Mekeng (kiri) berpose bersama Kasek SMPK Frater Maumere, Fr. Herman Yoseph, BHK, S.Pd (tengah) di Ruang Kasek Frater Maumere, Selasa (16/11/2021). Foto Walburgus Abulat

 

Siap Berikan Penghargaan

Kasek SMPK Frater Maumere, Fr. Herman Yoseph, BHK, S.Pd menyampaikan apresiasi atas prestasi emas yang diraih  Aaron di bidang studi IPS Terpadu ajang lomba Kompetisi Sains Nasional, dan prestasi yang diraih Amel yang meraih juara harapan. “Saya dan semua komponen sekolah menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang diraih Aaron yang mengharumkan nama SMPK Frater Maumere, nama Kabupaten Sikka dan Provinsi NTT di Tingkat Nasional dengan meraih medali emas. Ini prestasi langka dengan mempersembahkan emas di Tingkat Nasional dalam ajang kompetisi yang diikuti semua siswa berprestasi dari semua Provinsi di Indonesia,” kata Frater Herman Yoseph.

Apresiasi yang sama, lanjut Frater Herman Yoseph, diberikan kepada guru pendamping Bidang Studi IPS, Ibu Maria Octaviana, S.Pd dan Albertus Lidi Dong, S.Pd. “Wujud apresiasi kami kepada siswa berprestasi dan guru pendamping dengan memberikan penghargaan yang layak. Kami akan memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi dan guru pendamping dalam waktu dekat,” kata Kasek Herman Yoseph yang juga Kepala Yayasan Mardi  Wiyata Sub Perwakilan Maumere.

Diberitakan media ini sebelumnya, dua siswa kelas 9 SMPK Frater (Spater) Maumere Aaron Evander Kurniawan dan Sixtia  Amelia Mekeng mewakili Provinsi NTT  dalam ajang lomba Kompetisi Sains Nasional untuk Bidang Studi IPS Terpadu. Kepastian kedua siswa ini mewakili NTT setelah mereka lolos dalam ajang kompetisi serupa Tingkat Provinsi NTT yang dilangsungkan secara virtual pada 11 Oktober 2021 lalu.

Dinas PKO Sikka Apresiasi Siswa SMPK Frater yang Medali Meraih Emas Bidang Studi IPS Terpadu Kompetisi Sains Tingkat Nasional
Plt. Kadis Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (PKO) Kabupaten Sikka, Marthen Luther Adji. Foto Istimewa.

 

Aaron Evander Kurniawan dan Sixtia Amelia Mekeng  didampingi dua guru pendamping Bidang Studi IPS Ibu Maria Octaviana, S.Pd dan Albetus Lidi Dong, S.Pd kepada media ini  di Taman Baca Spater Mof  Maumere, Kamis (21/10/2021) mengaku sangat gembira dengan pencapaian ini. “Kami sangat senang karena bisa mengharumkan nama Spater di Tingkat Provinsi, dan kami siap mewakili NTT di ajang lomba Kompetensi Sains Nasional,” kata Aaron yang diamini Amelia Mekeng.

Aaron menjelaskan dalam ajang lomba kompetensi sains di Tingkat Provinsi, ia dan peserta lomba lainnya diwajibkan untuk menhttps://www.youtube.com/watch?v=HynbJ2pnGWM&t=420sgerjakan 8 soal uraian dan analisis seputar IPS Terpadu. “Kami mengerjakan soal dengan sangat baik.Puji Tuhan, kami bisa mengerjakan soal dengan baik, dan lolos ke Tingkat Nasional,” kata Aaron.

Aaron  dan Amelia berjanji siap memberikan yang terbaik di ajang lomba  sains tingkat nasional dengan  menyiapkan materi dengan baik, melakukan analisis, dan siap mengerjakan apa pun bentuk soalnya. “Kalau di ajang lomba Tingkat Kabupaten, kami mengerjakan soal dengan pilihan ganda. Sementara di ajang lomba Tingkat Provinsi, bentuk soalnya uraian dan analisis. Apa pun model dan bentuk soal untuk lomba Tingkat Nasional, kami siap kerjakan dan siap memberikan yang terbaik untuk Spater dan NTT,” kata Aaron.***(Walburgus Abulat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.