Dorong Peningkatan Kemampuan Domestik, Dua Ribuan Konsesi Dicabut Termasuk Konsesi Hutan dan Tambang

Terus Dorong Hilirisasi, Jokowi: Jangan Berhenti di Nikel Meski Kalah di WTO
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2022 di The Ritz-Carlton, Jakarta, Rabu (30/11/2022). Foto: BPMI Setpres/Rusman

 

JAKARTA, Pojokbebas.com – Presiden Joko Widodo menghadiri acara Outlook Perekonomian Indonesia Tahun 2023 yang digelar di Hotel The Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (21/12/2022). Dalam kesempatan itu, pada sambutannya Presiden Jokowi mendorong peningkatan kemampuan domestik dengan memanfaatkan aset-aset negara dengan produktif.

Sejumlah aset negara yang menganggur antara lain izin konsesi hutan dan tambang yang diberikan kepada perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Oleh karena itu, Presiden telah memerintahkan Menteri Investasi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mencabut konsesi tersebut jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

“Sudah saya perintahkan kepada Menteri Investasi, Menteri ESDM, sudah dicabut saja konsesinya, berikan kepada yang memiliki kemampuan dan lahan itu menjadi lahan produktif, aset itu menjadi aset produktif sehingga kemarin dicabut 2.078 konsesi-konsesi, baik konsesi hutan maupun konsesi tambang. Cabut dan berikan kepada yang memiliki kemampuan baik finansial, kemampuan SDM untuk menggarap aset-aset itu menjadi aset-aset yang produktif sehingga memberikan dampak yang positif kepada ekonomi kita,” jelasnya.

BACA JUGA:
Duta Baca Indonesia Puji Terobosan SMPK Frater Maumere Majukan Literasi di Sikka
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More