kominfo iklan

Empat Suster PACR Indonesia Ikrar Kaul Kekal di Napoli-Italia, Mgr. Domenico: “Menjadi Suster yang Selalu Bahagia”

Laporan Romo Donni Migo dari Napoli-Italia

781
Empat Suster PACR Indonesia Ikrar Kaul Kekal di Napoli-Italia, Mgr. Domenico: “Menjadi Suster yang Selalu Bahagia”
Para suster PACR asal Indonesia yang berkaul kekal bersama Madre Leonia, Bapak Endut Orbiantoro Siswoto dari KBRI Vatikan dan para romo dan bruder asal Indonesia, Napoli-Italia, Sabtu (19/11/2022). Foto istimewa.

 

NAPOLI-ITALIA, Pojokbebas.com – Pengikraran Kaul Kekal Para Suster dari Instituto Piccole Ancelle di Cristo Re (PACR) atau Institut Hamba-Hamba Kecil Kristus Raja dilangsungkan pada 19 November 2022 dalam perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Mgr. Domenico Battaglia, Uskup Motropolitan Napoli, Italia.

Para suster yang merayakan kaul kekal ini berjumlah tujuh orang dan berasal dari tiga negara yakni
Italia, Filipina dan Indonesia. Diantaranya empat suster indonesia, yakni: Sr.Maria Desyanti Kali, Sr.
Mariana Triance Kaka, Sr. Mince Nule dan Sr. Yohanista Dua Mboy Da Rato.

Dalam kotbahnya, Mgr. Domenico menekankan dua hal yang penting bagi para suster yang mengikrarkan kaul kekalnya.

“Pertama, Kaul Kekal adalah kesempatan untuk mencintai Tuhan dengan setulus hati, untuk itu menarilah bagi Tuhan dan rayakanlah kehidupan dalam pelayanan kalian. Kedua, perbaharui komitmen untuk setia dengan memandang cincin kaul kekal itu, dan pandanglah bintang dilangit agar cahayanya mampu menerangi malam-malammu,” kata Uskup.

Merangkai kedua pesannya, Mgr. Domenico mengharapkan agar para suster menjadi suster yang selalu bahagia.

Sementara itu, setelah perayaan ekaristi Madre Leonia Buono, Superior General PACR dalam pesannya sangat bersyukur atas pengikraran kaul kekal ini, teristimewa pernyertaan Tuhan dalam proses formasi bagi para suster.

“Puji Tuhan dan kami bersyukur atas pengikraran kaul kekal ini. Terlebih karena mereka berempat telah melalui masa formasi yang menghantar mereka untuk memahami spiritualitas institusi yang telah diturunkan oleh para pendiri kami (P. Sosio de Prete, OFM dan Sr. Antonietta Giuliano), yakni menjadi misionaris dan para pelayan-pelayan cinta kasih yang membawa Yesus Kristus kepada orang-orang kecil,” kata Suster Leonia.

Empat Suster PACR Indonesia Ikrar Kaul Kekal di Napoli-Italia, Mgr. Domenico: “Menjadi Suster yang Selalu Bahagia”
Para suster PACR yang berkaul kekal di Napoli Italia bersama Mgr. Domenico dan Madre Leonia, Sabtu (19/11/2022). (Foto istimewa)

 

obor ormas

Madre Leonia juga menggaris-bawahi pesan Bapak Uskup dalam kotbahnya bahwa para suster diminta untuk selalu menempatkan salib di tengah-tengah dan selalu mengenakan cincin kaul kekal khususnya setiap melewati malam yang gelap.

BACA JUGA :  Djose Taveres, Putra NTT Terpilih Sebagai Duta Besar Indonesia Untuk Rusia

“Suatu hal yang memiliki arti yang sangat mendalam ketika Bapak Uskup menempatkan salib di tengah-tengah dan menggundang para suster untuk mengekpresikan kegembiraan mereka dan mengingatkan para suster untuk selalu mengenakan cicin kaul kekalnya, teristimewa ketika melewati malam gelap,” kata Suster Leonia.

Hadir pula dalam perayaan yang berlangsung di Santuarium Volto Santo, Napoli ini utusan dari
Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Tahta Suci Vatikan, Bapak Endut Orbiantoro Siswoto
bersama ibu.

“Kami sangat mendukung karya pelayanan para suster dan misionaris Indonesia di Italia, sehingga kami berusaha untuk hadir dan mengambil bagian dalam perayaan ini dan kami berharap agar para suster selalu setia dengan pelayanannya dan terus berkarya dalam komunitas sehingga kelak lahir para pemimpin kongregasi yang berasal dari Indonesia,” kata Endut.

Perayaan pengikraran kaul kekal ini dihadiri para imam asal indonesia yang sedang studi di Roma
dan Napoli maupun yang telah menjadi missionaris di Italia. Hadir pula para suster anggota PACR yang tersebar di seluruh Italia.

Empat Suster PACR Indonesia Ikrar Kaul Kekal di Napoli-Italia, Mgr. Domenico: “Menjadi Suster yang Selalu Bahagia”
Para suster PACR tengah mengikrarkan kaul kekal di Napoli Italia bersama Mgr. Domenico dan Madre Leonia, Sabtu (19/11/2022). (Foto istimewa)

 

Sekilas PACR

Instituto Piccole Ancelle di Cristo Re (PACR) dalam bahasa Indonesianya Institut Hamba-Hamba
Kecil Kristus Raja. PACR merupakan tarekat religius dari ordo ketiga fransiskan yang berdiri pada 6
Juni 1932 di Napoli.

Masuk ke Indonesia pada tahun 1999 oleh Sr. Emerensiana dan berkarya di Keuskupan Maumere. Para suster PACR mendedikasikan pelayanan mereka bagi orang jompo, bagi anak-anak dan remaja serta pelayanan di rumah-rumah ret-ret.*

knpi
hanura

Leave A Reply

Your email address will not be published.