Jokowi Siapkan Bantuan Tunai Bagi 2,76 Juta PKL dan Nelayan

Pembangunan IKN Nusantara, Jokowi: Kota Modern Berstandar Internasional, Transformasi Menuju Indonesia Maju
Joko Widodo saat memberikan sambutan pada Program Beranda Nusantara Menuju Ibu Kota Negara Baru yang disiarkan di Radio Republik Indonesia (23/02/2022). Foto: BPMI Setpres

 

JAKARTA, Pojokbebas.com – Pemerintah Jokowi kembali mengucurkan Bantuan Tunai Bagi Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan atau BT-PKLWN di tahun 2022 ini. Bantuan tersebut akan disalurkan kepada 2,76 juta penerima.

 

Hal itu diungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto usai Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo, melalui konferensi video, di Jakarta Pusat, Senin (07/03/2022).

“Terkait bantuan tunai pedagang kaki lima dan nelayan ini sudah disiapkan untuk 2,76 juta penerima, 1 juta pedagang kaki lima/warung dan 1,76 (juta) nelayan,” kata Airlangga Hartarto .

Bantuan tunai tersebut, imbuh Airlangga, akan disalurkan oleh TNI dan Polri di kabupaten/kota prioritas Program Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Tahun 2022.

“(Disalurkan) oleh TNI-Polri sejumlah 600 ribu per orang dan ini di kabupaten/kota prioritas untuk (Program) Pengentasan Kemiskinan Ekstrem di tahun 2022 sebanyak 212 kaupaten/kota,” ungkapnya.

Terkait penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), Menko Ekon menyampaikan bahwa pemerintah akan memperpanjang tambahan subsidi bunga KUR tiga persen hingga Desember 2022. Penambahan subsidi untuk periode Juli hingga Desember 2022 tersebut membutuhkan alokasi anggaran sebesar Rp6,33 triliun.

“Terkait dengan fasilitas bunga KUR, sudah mendapatkan tambahan subsidi sampai Juli – Desember. Kebutuhan anggaran tambahannya adalah Rp6,33 triliun dan total anggaran subsidi KUR di tahun 2022 sejumlah Rp11,97 triliun dan ini diambilkan dari Dana Pemulihan Ekonomi Nasional ataupun Dana PEN,” ujarnya.*(Edit. Pb-7 / @kominfo.go.id)

BACA JUGA:
Peringati Hari Konstitusi, Jokowi: Ini Momen Strategis Bahas Cita-cita di Tengah Situasi Ketidakpastian
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More