Karmila Patah Kemudi, 13 Penumpang Berhasil Dievakuasi

317
Karmila Patah Kemudi, 13 Penumpang Berhasil Dievakuasi
Tim SAR Gabung saat mengevakuasi 13 Penumpang KM Karmila yang patah kemudi dalam pelayaran dari pelabuhan Labuan Bajo menuju Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (30/6/2022). Foto/Humas Kansar Maumere

 

LABUAN BAJO | Pojokbebas.com | Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 13 penumpang KM Karmila yang mengalami patah kemudi (trouble engine) saat dalam pelayaran dari pelabuhan Labuan Bajo menuju Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Itu terjadi, Kamis (30/6/2022) pukul 18.00 WIta di sekitar perairan pulau Kambing pada koordinat 08°38’04.7″ S-119°42’41.4″ E dengan radial 231.94° dan jarak 13.9 NM dari Pos SAR Manggarai Barat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere selaku SMC (SAR Mission Coordinator), Lalu Wahyu Efendi, S.Sos, MM menerangkan penyebab kejadian itu karena  gelombang tinggi disertai angin kuat menghantam KM Karmila hingga patah kemudi  (trouble engine).

Kronologi kejadian

“Kronologi yang kami dapatkan dari pelapor bahwa pada pukul 14.30 Wita KM Karmila yang merupakan jenis Kapal Barang mengangkut  muatan material dan POB (Person On Board) berjumlah 16 Orang (13 Penumpang & 3 ABK) berangkat dari Pelabuhan Labuan Bajo menuju Pulau Rinca”, jelasnya.

Pada pukul 16.00 Wita, KM Karmila tiba di pulau Rinca dan melakukan bongkar barang.

Pukul 18.00 Wita Kapal bertolak dari pelabuhan Labuan Bajo. Namun di tengah perjalanan sekitar perairan Pulau Kambing, KM Karmila dihantam gelombang tinggi dan angin yang kuat sehingga menyebabkan trouble engine patah kemudi.

“Menerima laporan tersebut, pukul 20.20 Wita Kami berangkatkan Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Tim Rescue Pos SAR Manggarai Barat 4 orang, Lanal Labuan Bajo 10 orang, Polair Labuan Bajo 2 orang, KP3 Laut Manggarai Barat 2 orang menuju lokasi kejadian untuk melaksanakan Operasi SAR dengan menggunakan RIB 500 PK Pos SAR Manggarai Barat & Sea Rider 500 PK Lanal Labuan Bajo.

Pukul 21.00 Wita, Tim SAR Gabungan tiba di lokasi kejadian dan langsung mengevakuasi 13 penumpang menuju RIB Pos SAR Manggarai Barat dan Searider Lanal Labuan Bajo.

BACA JUGA :  Tim Jatanras Polres Manggarai Barat Ringkus Pencuri Sapi

Sementara 3 Orang ABK  masih berada di kapal KM. Karmila sambil berupaya melaksanakan perbaikan mesin, KM Karmila dalam keadaan aman dengan posisi lego jangkar di Pulau Kambing.

Pukul 21.50 Wita, 13 penumpang KM Karmila beserta Tim SAR Gabungan tiba di Pelabuhan Labuan Bajo dengan selamat.

Ia juga menyampaikan  terima kasih kepada seluruh Tim SAR Gabungan yang sangat solid dan cepat melaksananakan evakuasi kepada seluruh penumpang yang ada di KM Karmila.

“Semoga tugas kemanusiaan ini mendapat pahala yang baik dari Tuhan Yang Maha Esa”, kata Wahyu Efendi.*(Robert Perkasa)

kominfo iklan

Leave A Reply

Your email address will not be published.