kominfo iklan

Ketika Kapolda NTT Sambangi Gereja Centrum, dan Menenggak Secangkir Teh di Biara Susteran SCSC Maumere

Laporan Walburgus Abulat (Wartawan Pojokbebas.com, Kolumnis dan Penulis Buku)

479
Ketika Kapolda NTT Sambangi Gereja Centrum, dan Menenggak Secangkir Teh di Biara Susteran SCSC Maumere
Kapolda NTT Irjen (Pol) Drs. Johni Asadoma, M.Hum (ke-2 dari kanan) disaksikan Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas (kanan), Ketua Panitia Pembangunan Gereja Alfridus Aeng (ke-2 dari kiri) dan Wakil Ketua Pembangunan Markus Rua (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan untuk pembangunan Gereja Santo Yohanes Paulus II Centrum Maumere, Rabu (16/11/2022). Foto Walburgus Abulat

 

RABU 16 November 2022 petang  suasana tampak lain  di sekitaran Gereja Santo Yohanes Paulus II Centrum dan Biara Susteran Suore Catechiste del Sacro Cuore (SCSC) atau Suster-Suster Katekis Hati Kudus yang terletak di Jalan Cemara Maumere, Kelurahan Nangameting, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka.

Maklum sejak pukul 13.00 Wita, pada sekitaran Gereja Centrum dan Biara SCSC didatangi sejumlah polisi di antaranya Kepala Urusan Penghubung Protokol (Kaurbungkol) Polda NTT, AKP Boma Jeri, dan Iptu Valentinus Tani dari Polres Sikka.

Tak lama kemudian, di lokasi yang sama juga hadir Pastor Paroki Santo Thomas Morus Maumere RD. Laurens Noi, Pastor Rekan RD. Quin Galmin, Ketua Stasi Centrum yang juga Ketua Panitia Renovasi Gedung Gereja Centrum  Alfridus Melanus Aeng, dan Wakil Ketua Renovasi yang juga Ketua Lingkungan X Stasi Centrum Markus Rua.

Kedatangan polisi dan beberapa tokoh agama dan tokoh umat ini untuk melakukan persiapan terkait penyambutan  orang nomor satu di  Polda NTT yakni Kapolda Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum dan sejumlah perwira menengah Polda NTT yakni Irwasda Polda NTT Komberpol Zulkifli, S..STmK, S.H., M.H.; Korena Polda NTT, Kombespol R. Dadik  Junaedi Supri Hartono, S.H. Dirintelkam Polda NTT, Kombespol Jan Wynard Imanuel Makatita, SIK; Direskrimsus Polda NTT Kombespol  M. Yoris Maulana Y. Marzuki, SIK; Dirpolair Polda NTT Kombespol Nyoman Budiarja, SIK, M.Si;  Dansat Brimob Polda NTT Kombespol Fery Raimond Ukoli, SIK  dan Koorspripim Polda NTT Kompol Eliana Papote, S.I.K. M.M. Turut mendampingi Kapolda saat itu Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas.

Disaksikan media ini, Kapolda  dan rombongan tepat tiba di Gereja Centrum pukul 16.50 Wita.Kapolda dan rombongan  diterima oleh Pastor Paroki Santo Thomas Morus RD. Laurens Noi,Pastor Rekan RD. Quin Galmin; Ketua Stasi Centrum Alfridus Melanus Aeng, dan Wakil Ketua Renovasi Gereja  Markus Rua yang juga Ketua Lingkungan X.

BACA JUGA :  Jokowi: Uang Rakyat Jangan Dipakai Beli Produk Impor
Ketika Kapolda NTT Sambangi Gereja Centrum, dan Menenggak Secangkir Teh di Biara Susteran SCSC Maumere
Pastor Paroki Santo Thomas Morus RD. Laurens Noi dan Pastor Rekan RD. Quin Galmin sedang menumpangkan tangan untuk mendoakan kesuksesan tugas Kapolda NTT Irjen Pol, Drs. Johni Asadoma, M.Hum dan Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas dan jajarannya di Gereja saat tiba di Gereja Centrum Maumere, Rabu (16/11/2022). Foto Walburgus Abulat

 

Turut hadir dan menerima kedatangan Kapolda di Pintu Gerbang Gereja itu adalah Pimpinan Biasa SCSC, Suster Maria Jeniarnilinda, SCSC dan beberapa anggota biara di antaranya Suster Maria Apriyanti, SCSC.

Setiba di pintu masuk Gereja Centrum, Kapolda diterima dengan pengalungan kain adat Sikka oleh Ketua Stasi Centrum Alfridus Melanus Aeng. Setelah itu, Kapolda menyerahkan bantuan 100 sak semen secara simbolis untuk pembangunan/rehab Gereja Centrum  yang diterima oleh Pastor Paroki RD. Laurens Noi disaksikan Ketua Panitia Pembangunan Gereja  Alfridus Aeng, Pastor Rekan RD. Quin Galmin,  Wakil Ketua Panitia Pembangunan Markus Rua, dan Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas.

Pantauan media, usai menyerahkan bantuan, Kapolda didampingi Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas, SIK bergegas ke depan altar Gereja Centrum. Sementara Pastor Paroki RD. Laurens Noi dan Pastor Rekan RD. Quin Galmin bergegas ke altar untuk mengambil stola lalu dikenakan dan setelah  itu dua gembala umat Katolik itu  menumpangkan tangan seraya berdoa untuk semua jajaran Polri, khususnya Kapolda dan rombongan Polda, Kapolres Sikka dan jajarannya agar mereka semua dapat menjalankan tugas sesuai tupoksi dan mewujudkan  kamtibmas dan tugas-tugas pengabdian lainnya.

Disaksikan media ini, selama acara  pemberkatan berlangsung Kapolda dan Kapolres tampak menyerahkan diri yang total kepada kehendak Allah. Kapolres AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas  mengawali dan mengakhiri doa pemberkatan dengan tanda salib, sementara Kapolda tampak  dalam suasana doa sesuai keyakinan agama Kristen Protestan yang dianutinya.

Ketika Kapolda NTT Sambangi Gereja Centrum, dan Menenggak Secangkir Teh di Biara Susteran SCSC Maumere
Kapolda NTT Irjen Pol, Drs. Johni Asadoma, M.Hum (mengenakan selendang) dan rehat sebentar sambil menenggak minumn teh di Biara Susteran Katekis Hati Kudus Centrium, Rabu (16/11/2022). Foto Walburgus Abulat

 

obor ormas

Setelah didoakan, Kapolda dan rombongan didampingi Pastor Paroki RD. Laurens Noi dan Pastor Rekan RD. Quin Galmin mendatangi  Komunitas Susteran Katekis Hati Kudus (SCSC) yang letaknya tepat di depan Gereja Centrum.

BACA JUGA :  Bupati Roby Idong dan Ratusan Kepala Desa di Kabupaten Sikka Berkomitmen  Atasi Stunting dalam Tenggang Waktu 180 Hari

Kapolda dan rombongan diterima oleh Pimpinan Biara SCSC, Suster  Maria Jeniarnilinda, SCSC dan anggota biara lainya. Di biara itu, Kapolda dan rombongan diterima secara kekeluargaan oleh seluruh penghuni biara. Tak hanya menunjukkan sikap ramah, pihak Biara SCSC di bawah pimpinan Suster Maria Jeniarnilinda, SCSC menyuguhan minumen teh dan makanan ringan kepada Kapolda dan tamu undangan.

Tampak Kapolda dan rombongan menenggak minuman teh  dalam suasana persaudaraan dan kekeluargaan yang tulus.

Kapolda NTT  Irjen (Pol)  Drs. Johni Asadoma, M.Hum kepada wartawan di Biara SCSC menjelaskan bahwa kedatangannya ke  Kabupaten Sikka selain dalam rangka kunjungan kerja, juga momen itu dimanfaatkannya untuk melihat dari dekat situasi kamtibmas elemen masyarakat.

“Tujuan kunker ini agar polisi mendekatkan diri dengan masyarakat, polisi tidak angker dan sesuatu yang ekslusif.Sebaliknya polisi sebagai sahabat masyarakat, dan mitra masyarakat yang akan selalu bergandengan tangan dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Kapolda.

Ketika Kapolda NTT Sambangi Gereja Centrum, dan Menenggak Secangkir Teh di Biara Susteran SCSC Maumere
Pimpinan Biara SCSC Suster Suster Maria Jeniarnilinda, SCSC (ke-2 dari depan) dan beberapa anggota biara bersama RD. Laurens Noi, RD. Quin Galmin, Ketua Stasi Centrum, Alfridus Aeng dan Ketua Lingkungan X, Markus Rua berpose bersama Kapolda NTT Irjen Pol, Drs. Johni Asadoma, M.Hum di Biara Susteran Katekis Hati Kudus Centrum, Rabu (16/11/2022). Foto Walburgus Abulat

 

Kapolda mengakui bahwa tanpa dukungan masyarakat, polisi tidak bisa sendiri untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban. “Karena itu, saya mengajak masyarakat untuk mendukung tugas kepolisian , dan kita sama-sama menciptakan keamanan,” kata Kapolda.

Kapolda juga menambahkan bahwa kunjungannya ke Gereja Centrum dan menyerakan bantuan meskipun tidak seberapa namun hal itu merupakan  bagian dari komitmen Polri untuk senantiasa dekat dengan elemen warga, termasuk para pastor dan suster.

“Pembangunan Gereja Centrum  juga merupakan bagian  dari kehidupan bermasyarakat. Sehingga kami ke sini memberikan sedikit bantuan dan mudah-mudahan sedikit demi sedikit ini bisa membuat gereja ini terbangun dengan cepat sehingga pada saatnya gereja ini bisa digunakan oleh umat untuk beribadah,”  kata Kapolda yang baru menjabat jabatan orang nomor satu di NTT itu sejak sepekan lalu.

BACA JUGA :  Ketika Totalitas Pengabdian Terpatri Dalam Diri Tenaga Kesehatan RSUD TC Hillers Maumere
Ketika Kapolda NTT Sambangi Gereja Centrum, dan Menenggak Secangkir Teh di Biara Susteran SCSC Maumere
Pastor Paroki RD. Laurens Noi, RD. Quin Galmin, Ketua Stasi Centrum, Alfridus Aeng, Ketua Lingkungan X, Markus Rua dan panitia pembangunan berpose bersama Kapolda NTT Irjen Pol, Drs. Johni Asadoma, M.Hum dan Kapolres Sikka AKPB Nelson Filipe Diaz Quintas dengan latar belakang Gedung Gereja Centrum yang sedang dibangun, Rabu (16/11/2022). Foto Walburgus Abulat

 

Demikianlah sosok Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum yang sangat humanis, dengan semua elemen masyarakat ini, termasuk dengan para pastor, suster dan elemen warga lainnya. Selama tiga hari kunjungan kerjanya di Kabupaten Sikka, Kapolda telah melakukan beberapa aktivitas yang luar biasa di antanya bertatap muka dengan civitas akademika SMAK Frateran Maumere untuk menyampaikan pesan kamtibmas, memberikan kuliah umum di Universitas Nusa Nipa (Unipa) Indonesia, dan mengunjungi wilayah Polsek Nelle dan memberikan bantuan kemanusiaan,  menyambangi Gereja Centrum dan menyerahkan bantuan kemanusiaan 100 sak semen, serta merajut persaudaraan dengan Komunitas Susteran Katekis Hati Kudus Centrum sambil menenggak secangkir teh ala  Komunitas Susteran  SCSC yang memiliki biara pusat di Italia itu.

Kiranya rajutan  kebersamaan dan persaudaraan yang terajut dan terpancar dari kunjungan orang nomor satu di Polda NTT ini  semakin memotivasi elemen warga Sikka, khusunya, dan warga NTT umumnya untuk mendukung segala tugas-tugas kepolisian, termasuk dalam kolaborasi menyukseskan reformasi kinerja dan reformasi birokrasi di jajaran kepolisian yang mengacu pada 7 prinsip yakni Good Governance, kompetensi, keadilan, perilaku, transparansi, efektivitas, responsive dan akuntabilitas. Semoga Tuhan senantiasa memberkati tugas Bapak Kapolda dan jajarannya untuk NTT yang lebin baik, lebih aman, dalam jejaring kemitraan dengan semua elemen warga. BERSAMA KITA BISA.  TUHAN MEMBERKATI. ***

knpi
hanura

Leave A Reply

Your email address will not be published.