Kominfo Sikapi Dugaan Kebocoran Data Pasien yang Dikelola Server Kementerian Kesehatan

38
Menteri Komunikasi dan Informasi
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat Konferensi Pers Virtual tentang Kontribusi Legislasi Cipta Kerja Sektor Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran terhadap Transformasi Digital, Penciptaan Lapangan Pekerjaan Baru, dan Pertumbuhan Ekonomi Digital dari Aula Anantakupa Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (06/10/2020).Foto Biro Humas Kementerian Kominfo.

 

JAKARTA, Pojokbebas.com – Terkait pemberitaan soal dugaan terjadinya kebocoran data pasien pada server yang dikelola Kementerian Kesehatan, Kominfo memberi respon cepat. Menkominfo, Johnny G. Plate melalui jubirnya Dedy Permadi mengaku telah memerintahkan jajaran untuk berkomunikasi secara intensif dengan Kementerian Kesehatan dan mulai dilakukan proses penelusuran lebih lanjut sesuai dengan aturan hukum yang ada.

“Merespons pemberitaan yang beredar terkait dugaan kebocoran data pasien yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate telah memerintahkan jajaran terkait untuk berkomunikasi secara intensif dengan Kementerian Kesehatan dan memulai proses penelusuran lebih lanjut sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tulis juru bicara Kominfo Dedy Permadi dalam Siaran Pers Kominfo NO. 3/HM/KOMINFO/01/2022, Kamis (6/1).

Selain itu, Kominfo juga telah melakukan langkah-langkah internal diantaranya dengan melakukan koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Kementerian Kesehatan juga tengah melakukan langkah-langkah internal merespons dugaan kebocoran yang terjadi termasuk salah satunya melakukan koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN),” lanjut Jubir Kominfo.

“Kementerian Kominfo meminta seluruh penyelenggara sistem elektronik (PSE) baik publik maupun privat yang mengelola data pribadi untuk secara serius memerhatikan kelayakan dan keandalan pemrosesan data pribadi yang dilakukan oleh PSE terkait baik dari aspek teknologi, tata kelola, dan sumber daya manusia,” lanjut Kominfo.* (Pb-7 / @kominfo.go.id)

BACA JUGA :  Kapolri Idham Azis Apresiasi Pilkada Berjalan Aman
kominfo iklan

Leave A Reply

Your email address will not be published.