Mengenal Aterosklerosis, Kondisi Penyempitan pada Pembuluh Darah Arteri

Oleh dr. Elisia Fitri Tjuatja (Dokter diRSUD dr. T.C. Hillers Maumere)

ATEROSKLEROSIS adalah kondisi penebalan dan pengerasan pada pembuluh darah arteri, yang diakibatkan oleh penumpukan plak pada lapisan dalam pembuluh darah arteri.

Plak ini disebabkan oleh penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain di dalam dinding pembuluh darah arteri. Akibat penumpukan ini, dinding arteri menjadi tebal dan kaku.

Arteri berfungsi membawa oksigen dan nutrisi dari jantung ke seluruh tubuh. Aterosklerosis ini membuat aliran darah arteri menjadi terhambat.

Sejalan dengan bertambahnya usia dan dengan adanya faktor-faktor resiko, proses akan semakin berkembang dan memunculkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan aterosklerosis dan komplikasinya seperti serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Maka dari itu, pencegahan dan penanganannya harus dimulai sedini mungkin.

Apa saja faktor resiko dari aterosklerosis?

Penyakit ini dimulai saat terjadi kerusakan atau cedera pada lapisan dalam arteri. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh: kadar kolesterol dan trigliserida tinggi, tekanan darah tinggi (hipertensi), merokok, diabetes, obesitas, riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner, penuaan, kurangnya aktivitas fisik, peradangan akibat penyakit tertentu seperti lupus.

BACA JUGA:
Tren Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikromobilitas Meningkat
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More