Menulis Diary: Merawat Keterampilan Literasi (alah bisa karena biasa)

Oleh: P. Yosep Bala Makin, SVD, S.Pd

SATU kebiasaan yang tidak biasa tetapi sengaja diciptakan pada awal tahun ajaran sekolah, pada pertemuan pertama, hari pertama jadwal untuk pelajaran Bahasa Indonesia yang saya ampu adalah memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan buku harian.

Saya mewajibkan setiap siswa  harus memiliki Buku Harian atau lebih akrab di kalangan siswa dengan sebutan buku diary. Buku diary yang dapat dibeli di toko, beragam bentuk dengan gambar yang menarik atau boleh menggunakan buku tulis biasa yang pada bagian depan boleh ditulisi Buku Harian – Sangat Rahasia.

Boleh juga dengan tulisan lain tetapi bersifat pribadi/rahasia. Ukurannya pun beragam: bisa besar, kecil, tebal atau pun tipis. Terlihat banyak aksesoris yang menghiasi bagian depan dan dalam yang memperindah buku diary dan tampaknya sungguh menarik untuk dipandang mata.

Sangat variatif dan terkesan menarik. Bahkan diary yang dibeli itu ada yang memiliki gembok yang berarti tidak semua orang diperbolehkan untuk membuka dan membacanya.

Itu berarti tulisan dalam buku diary terkunci untuk orang lain yang berarti sangat rahasia yang tidak boleh diketahui umum. Teman akrab sekali pun tidak akan diperbolehkan dan tidak akan bersedia membuka dan membacanya.

BACA JUGA:
Tutup Festival Golo Koe Labuan Bajo, Ini Pesan Uskup Ruteng
Berita Terkait
47 Komen
  1. Michelle K.Y.Embongnai berkata

    Saya suka dan sangat menginspirasi,pater. Berharap bisa berbagi ilmu dan mengajak teman teman SMAK supaya bisa terbiasa menulis diary 😁🙏

  2. Maria Nofrini Burga "Frini" berkata

    Sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada Pater Yos Balla Makin SVD, selaku guru Bahasa Indonesia ku sejak dari kelas XI sampai Kelas XII, yang telah meluangkan waktu membuat opini yaitu menulis diary :Merawat Keterampilan Literasi.

    Bagi saya sendiri, saya senang sekali membaca opini yang Pater buat berkaitan dengan tugas yang diberikan untuk siswa/i yaitu membuat buku harian atau yang paling familiar dikalangan remaja adalah diary. Disini saya setuju dengan tugas yang Pater berikan yaitu menulis diary.
    Karena dengan menulis sebuah catatan kecil/diary saya bisa mengungkapkan semua perasaan, pengalaman baik itu suka maupun duka, serta hal-hal lain yang begitu menarik dalam hidup yang mungkin menjadi sebuah kenangan terindah pada masa yang akan datang.

    1. Stefany E.H.Sun berkata

      Sebelumnya saya mengcapkan terima kasih kepada Pater Yos Balla Makin SVD yang sudah menulis opini ini,opini ini sangat bagus untuk kami yang masih di usia remaja bahkan juga menginspirasi kami. karena dengan opini ini sya dapat mengetahui apa itu manfaat diary dan bagi saya sendiri setuju untuk membuat diary karena dengan adanya diary saya dapat menulis mengenai perasaan kami baik susah,senang,sedih, gembira bahakan marah dan disaat saya sudah besar, dari diary tersebutlah saya dapat mengingat kembali dan mengenang kembali kenangan disaat remaja. Sekian dari saya peter Trimakasih

    2. Melania Claurita Apong berkata

      Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pater Yos yang telah meluangkan waktunya untuk membuat opini yaitu Menulis Diary: Merawat Keterampilan Literasi.

      Saya sangat setuju dengan tugas yang Pater berikan yaitu menulis Diary. Dengan kita menulis Diary kita jadi selalu mengenang sekecil apapun peristiwa yang terjadi dan kita juga bisa merayakan dan tidak melupakan hari-hari penting dengan menulisnya di Diary. Ketika kita tidak punya teman cerita juga kita tinggal menulisnya di Diary anggaplah Diary seperti teman dekat kita yang memegang semua rahasia. Dan Diary juga menyimpan sebagian dari kenangan ketika kita masih muda untuk dilihat dan di ingat kembali ketika kita sudah tua nanti.

  3. Maria Nofrini Burga"frini"_ipa1 berkata

    Sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada Pater Yos Balla Makin, SVD selalu guru Bahasa Indonesia ku dari kelas XI sampai kelas XII, yang telah meluangkan waktu untuk membuat opini yaitu Menulis Diary: Merawat Keterampilan Literasi.

    Bagi saya sendiri, saya senang sekali membaca opini yang Pater buat berkaitan dengan tugas yang diberikan kepada siswa/i yaitu menulis buku harian atau yang sering familiar dikalangan remaja adalah diary. Di sini saya setuju dengan tugas yang Pater berikan yaitu membuat catatan kecil atau diary. Karena dengan membuat catatan kecil saya mampu mengungkapkan semua perasaan, pengalaman baik suka maupun duka serta hal-hal lain yang menarik yang mungkin dari semua tulisan itu menjadikan sebuah kenangan yang terindah dalam hidup untuk masa yang akan datang.

  4. Teofila Deges berkata

    Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pater Yos selaku guru bahasa indonesia selama dua tahun.saya sangat setuju dengan opini yang pater buat.

  5. Viktoria Jein Handut berkata

    Teks opini tentang diary ini sangat baik,saya berterimakasih kepada Pater Yos yang telah membuat opini ini,karena dari teks ini saya bisa mengetahui manfaat dari kegiatan menulis diary dan mengetahui cara penulisan diary,dimana penulisan diary pada umumnya tidak terikat aturan sama sekali atau bebas, tergantung dengan keinginan penulis menggunakan bahasa seperti apa.Dan yang lebih menarik lagi penulisan diary sangat menarik, menulis satu kata, yang didalam peristiwanya,kata tersebut memiliki cerita yang panjang.Diary juga sangat membantu saya untuk mengingat kembali moment yang pernah saya lalui,entah itu sukacita maupun duka.Diary juga mampu membuat saya lebih nyaman karena dia bisa menjadi teman curhatan saya.

    1. Nelson soares berkata

      Sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada Pater Yos Balla Makin, SVD selalu guru Bahasa Indonesia kelas XII, yang telah meluangkan waktu untuk membuat opini yaitu Menulis Diary: Merawat Keterampilan Literasi.
      Saya sangat setuju dengan opini yang pater buat, karena dengan membuat catatan kecil saya mampu mengungkapkan semua perasaan, pengalaman baik suka maupun duka serta hal-hal lain yang menarik yang mungkin dari semua tulisan itu menjadikan sebuah kenangan yang terindah dalam hidup untuk masa yang akan datang.

    2. Vinsensius S. Nambut berkata

      Penerapan kegiatan belajar seperti ini sangatalah bagus diterapkan di Sekolah.Selain menambah kemampuan siswa dalam menulis,menulis diary juga bisa menambah kemampuan siswa dalam mengisi diarynya dengan kata-kata puitis apalagi dengan kejadian yang dialami sendiri.
      Jadi,kegiatan seperti perlu ditingkatkan bukan hanya bagi siswa perempuan tapi juga bagi siswa laki-laki.

  6. Memiana Jelita berkata

    Teks opini sangat bagus ,saya terinspirasi
    Semoga saya juga nanti bisa jadi penulis diary seperti
    Pater🙏.Dan dari sini saya juga tau ternyata menulis
    Itu sangat penting ….Terimakasih karena sudah menyadarkan saya akan pentingnya menulis🙏🙏

  7. Dafrosa D.Atriwanti berkata

    Saya terinspirasi dengan opininya pater
    Dari opini ini saya tahu betapa pentingnya menulis diary, selain kita untuk melatih menulis tetapi juga melatih kita untuk berpikir

  8. Dafrosa D.Atriwanti berkata

    Saya merasa terinspirasi dengan opini ini
    Melatih kita untuk menulis dan berpikir

  9. Vrischa H.Elsa Putri berkata

    Sebelumnya,saya berterima kasih kepada Pater Yos yang telah membuat opini tersebut.saya sangat setuju dengan opini tersebut.karena bagi saya diary memungkinkan seseorang untuk mengeksplorasi emosi dan mengungkapkan perasaannya, menghubungkan makna dari apa yang terjadi dan bagaimana cara menyelesaikan masalahnya,hanya dengan menulis diary

  10. Kenley Oeylex berkata

    saya sangat setuju dengan opini pater. Sukses selalu

  11. Kenley Oeylex berkata

    saya setuju dengan opini pater. sukses selalu

  12. Liliosa Dirgahayu Niwela Sari berkata

    Terimakasih sebelumnya kepada Pater Yos yang telah membuat opini tentang Menulis Diary.
    Sebelumnya Pater saya orangnya tidak suka menulis diary karena menurut saya itu sangat membosankan dan membuang -buang waktu tapi sejak Pater mengajar Bahasa Indonesia di kelas kami dan memberikan tugas membuat diary serta menjelaskan bagaimana manfaat dari menukis diary, saya pun merasa tertarik untuk membuatnya. Ahkirnya saya terbiasa dengan menulis diary ,menulis pengalaman yang menarik setiap waktu.

  13. Yohana Nastitin berkata

    [email protected]
    Selamat siang dan salam sejahtera Pater, saya selaku siswa Smak Loyola kelas 12 sangat berterimakasih dan berapreasi atas tulisan yang Pater berikan. Dari awal tulisan diatas sampai pada akhir tulisan isinya sangat bagus dan memberikan banyak manfaat kepada kami para pembaca.

  14. Marselina yuslani Ambor berkata

    Trimakasih sebelumnya pater.
    Saya sudah membaca tulisan pater.menurut saya isinya sangat bagus dan menarik .dengan membaca teks ini saya bisa mengetahu manfaat dari kegiatan menulis diari dan mengetahui cara penulisan diari.
    Dalam penulisan diari bisa menjadi bahan refleksi karena dari setiap pengalaman memmpunyai nilai .dari situ sya bisa belajar menjadi pribadi yang lebih baik dalam segala hal. diari juga sangat membantu saya mengingat moment yang saya pernah lalui.karna menurut saya diari juga merupakan teman curhat terdekat.
    Trimakasi ☺

  15. Kristiana Diana Nova berkata

    Setelah membaca opini diatas saya sangat termotifasi bahwa menulis diary adalah suatau hal yang sangat menyenangkan dimana kita bisa mengungkapkan perasaan entah itu perasaan senang maupun sebaliknya dengan tulisan dan lebih tepatnya menuliskan hal-hal tersebut di buku privasi yaitu buku diary. Penulisan yang kita gunakan dalam buku diary juga bebas karena buku diary sama halnya dengan teman curhat sehingga bahasa yang digunakan sesuai dengan bahasa sehari-hari. Tidak hanya dituliskan begitu saja semua tulisan yang kita tuliskan pada buku diary dapat dibuka kembali kapanpun itu dan akan menjadi nostalgia dimasa depan bahwa sebelumnya kita pernah merasakan atau mengalami hal-hal yang menyenangkan maupun tidak menyenang dan semuanya terdapat pada tulisan buku diary. Jadi menurut saya buku diary perlu dimiliki oleh setiap orang karena buku diary sama halnya dengan teman curhat.

  16. Paulina D.M Tanti berkata

    Selamat siang pater,saya berpendapat bahwa teks opini diatas sangatlah menarik,karena dalam teks ini memberikan motivasi kepada saya bahwa kegiatan membaca itu sangatlah penting.

  17. Maria Quinatera Felisia berkata

    Saya sangat berterima kasih kepada Pater Yos yang telah meluangkan waktu untuk menulis opini tentang diary ini.
    Saya sangat suka membaca opini yang pater buat dan bersyukur karena pernah mendapat pembelajaran berkaitan dengan penulisan diary ini karena dengan menulis di buku diary saya bisa mengekspresikan diri saya sendiri dengan leluasa tanpa ada campur tangan dari pihak lain.

  18. Theresia Jaya berkata

    Selamat siang Pater, Menurut saya opini di atas sangat bagus juga menarik dan saya sangat berterima kasih karena Pater telah mengajarkan saya cara menulis diary dengan baik dan benar.
    Dan saya bisa mengetahui apa manfaat menulis diary yang kita buat, supaya pristiwa atau kejadian yang sudah kita lalui masih tersimpan dalam ingatan kita dengan cara menuliskan dibuku harian atau di buku diary yang kita sudah siap.

  19. Verridiana Alde Renasta berkata

    Terimakasih pater karena sudah menulis opini tentang menulis diary,sangat menarik dan menginspirasi saya..
    Ketika sd saya sangat suka menulis diary,tetapi sejak masuk smp dan sampai sekarang sya tidak pernah melanjutkannya lgi,karena merasa itu tdk pentingg..

    Semoga setelah membaca tulisan ini,rasa semangat saya utk menulis diary kembali tumbuhh..
    Sekali lagi terimakasih pater😊🙏

  20. Godeliva menty berkata

    Terimakasih kepada pater yos, selaku guru bahasa indonesia, yang telah bersedia menulis opini ini.
    Saya sangat setuju karena dengan menulis diary kita bisa menuangkan segala sesuatu yang ingin kita sampaikan lewat catatan kecil( diary ),
    Diary ini juga sbagai salah satu cara untuk mengingatkan sya akan masa lalu yg pernah sya lewati. Menulis diary itu sangat menarik dan bermanfaat bagi kita

  21. Kristian garel habe berkata

    Sebelu saya ngucapkan banya terimakasih pater yos karna memberikan opini yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang cara menulis diary yang benar dan tepat
    Opini ini juga bagus bagi kalangan remaja dan masyarakat karna bisa membuat mereka mengerti cara menulis opini dengan benar

  22. Florentine Morella Santary Jehabat berkata

    Hallo Pater Yos, senang sekali saya diberikan kesempatan untuk mengomentari opini yang pater tulis.
    Menurut saya, opini ini cukup menarik karena memuat seluruh informasi mengenai buku harian atau diary. Saya sebagai murid merasa terpanggil untuk lebih giat dalam menulis hal hal seperti buku harian. Kata demi kata yang tertulis mudah untuk dipahami. Demikian tanggapan dari saya, terima kasih.

  23. Riafiola iveni srihandi ( veni) IPA 1 berkata

    Saya suka dan sangat menginspirasi , kepada pater yos .Selaku guru bahasa indonesia selama dua tahun .
    Menurut saya sendiri,saya senang sekali membaca opini yang pater buat berkaitan dengan tugas yang diberikan untuk siswa / siswi yauitu membuat buku harian atau yang paling familiar dikalangan remaja adalah diary .
    Diary juga sangat membantu saya untuk mengingat kembali moment yang pernah saya lalui , entah itu sukacita maupun duka.

  24. Nensi Banur berkata

    Saya sangat setuju dengan tulisan yang pater buat. Menulis diary memang sangat penting agar segala peristiwa menarik yang terjadi tidak terlupakan begitu saja. Untuk saya pribadi buku diary merupakan tempat mencurahkan isi hati yang terbaik karena saya pribadi adalah orang yang kesulitan mengekspresikan perasaan kepada orang lain. Dan saya berharap tulisan yang pater buat dapat menyadarkan teman-teman yang jail dengan sengaja membaca diary pribadi kita tanpa seijin pemilikinya. Itu merupakan prilaku yang buruk.

  25. Melita Lidia R. Bire berkata

    Setelah saya membaca opini berjudul Menulis Diary:Merawat Keterampilan Literasi, saya termotivasi untuk menulis diary saya. Bagi saya, dengan menulis diary kita terlatih keterampilan menulis. Saya membaca berita, banyak penulis novel yang termotivasi menulis karyanya karena memiliki kebiasaan menulis diary. Melalui opini ini saya mengetahui banyak manfaat menulis diary. Dan menanggapi peristiwa tentang siswa-siswi yang jarang menulis diary, alasannya beragam. Bisa saja mereka memiliki keterampilan di bidang lain. Saya salah satu siswi yang suka menulis diary, awalnya saya menulis ulasan peristiwa menarik. Kemudian, saya mulai mendeskripsikan hari saya dalam bentuk puisi dan akhir-akhir ini saya mulai membuatnya dalam bentuk gambar. Jadi saya kurang paham apakah hasil gambar saya bisa dikatakan sebagai diary saya. Saya menyadari keterampilan gambar saya lebih baik dar menulis, lalu saya meninggalkan keterampilan menulis. Saya juga sering mendengar orang mengatakan bahwa menulis diary adalah hal yang konyol atau alay. Mereka memandang orang menulis diary tentang hal-hal berbaur cinta. Sehingga, beberapa anak yang suka menulis diary menjadi malas menulis. Hal ini sering saya temui saat saya berada di bangku SMP. Bagi sebagian orang mereka menganggap menulis diary adalah hal yang sepele, tetapi menurut saya menulis diary itu penting. Manfaatnya banyak dan di zaman modern ini, generasi muda banyak yang kurang memiliki keterampilan menulis. Bahasa tulis itu penting bagi generasi muda. Dan salah satu cara mengasah bahasa tulis itu dengan menulis diary.

  26. Okta Lambut berkata

    Sebelumnya terima kasih kepada Pater Yos yang telah memaparkan opini yang bagus dan indah ini. Opini ini sangat bermanfaat bagi orang yang membacanya khususnya kami sebagai para pelajar, karena dengan membaca opini ini kami bisa tahu manfaat dan tujuan dibuatnya sebuah diary. Dari menulis sebuah diary kita belajar untuk bertanggungjawab.

  27. Gracela Fortunata berkata

    Menurut saya menulis diary memiliki banyak sekali manfaat. Yang pertama kita melatih diri kita bagaimana membahasakan apa yang ada dalam pikiran kita, apa yang kita rasakan. Yang kedua menulis diary tentu saja sangat baik bagi kita untuk tidak merawat lupa. Yang ketiga, menulis diary bisa merupakan awal menjadi seorang penulis, karena ada begitu banyak penulis yang mengubah coretan kisah mereka di dalam buku diary menjadi sebuah buku yang banyak di baca bahkan ada di antaranya yang difilmkan seperti, PIDI BAIQ yang berhasil membuat kisah hidupnya, menjadi sebuah film yang banyak digemari. Menulis diary tentu saja kebiasaan yang baik.😊 Terimakasih

  28. Maria Reinaldis Jebaut Subin berkata

    Opininya bagus sekali pater sangat bermanfaat bagi pelajar, karna banyak kata- kata motivasi dilamnya dan kami banyak belajar untuk membuat diary.

  29. Maria Eanfleda Arsad berkata

    Setelah saya membaca opininya,kata-katanya sangat menyentuhnya hati,sangat bermanfaat khususnya bagi pelajar,dan motivasi bagi para pelajar

  30. Patris Januar adu berkata

    Saya sangat setuju dengan opininya Pater
    Sangat bermanfaat untuk saya dan bisa memberi motivasi untuk saya dapat menulis diary
    Terima kasih Pater, sukses selalu

  31. Patris Januar adu berkata

    Saya sangat setuju dengan opininya Pater
    Sangat bermanfaat dan bisa memberi motivasi untuk saya dapat menulis diary
    Terima kasih Pater, sukses selalu

  32. Modesta Sriayuningsi Todo berkata

    Setelah saya membaca opini yang pater buat, saya langsung tertegun.
    Saya memiliki diary semenjak saya kelas 5 SD dan sampai dengan kelas 1 SMA saya sangat aktif menulis diary. Dan betul yang terdapat pada opini pater, saya sangat merasa senang saat saya menulis di diary saya. Bagi saya menulis diary itu adalah salah satu sarana untuk melampiaskan perasaan. Ketika sy senang,sedih, putus asa saya selalu bisa melampiaskan perasaan saya pada tulisan saya di buku diary. Itu membawakan kesenangan dan kelegaan tersendiri bagi saya ketika saya selesai menulis apa yang saya lalui hari itu di buku diary saya.
    Saya termasuk dalam tipikal orang yang lumayan tertutup dengan orang lain. Jadi ketika saya mendapat masalah entah itu kecil atau besar, saya lebih suka menceritakannya lewat tulisan di buku diary saya. Diary adalah sahabat bisu saya. Dia mendengar tanpa menyela apa yg saya ceritakan. Sahabat yang baik adalah orang yang menjadi pendengar terbaik saat kita menceritakan keluh kesah kita, dan saya dapatkan itu dari diary saya. Menulis diary juga merupakan sarana untuk melatih tulisan agar tulisan tangan semakin bagus. Saya telah menulis diary semenjak saya kelas 5 SD ketika saya membuka lembaran diary saya dari pertama kali saya menulis, sangat melihat perbedaan huruf yang ada. Saya bisa menilai bahwa huruf saya semakin membaik dari tahun ke tahun hanya dengan melihat isi diary saya (Diary saya berupa binder, jadi bisa dimasukan kertas terus sehingga dari dulu Diary saya hanya 1. Tapi Diary tersebut saya simpan dalam kotak yg memiliki gembok agar aman).
    Dan benar yg tertulis dari opini Pater, bahwa yg menulis diary biasanya anak-anak yang suka membaca. Saya mulai suka membaca ketika kelas 3 SD, kala itu saya sangat senang membaca cerpen yang ada di buku pelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Memang saat itu saya belum terlalu lancar membaca, tapi saya memiliki tekat yang kuat untuk bisa membaca. Alhasil, saya menjadi salah satu siswa di kelas yang sangat lancar membaca dan guru saya memuji itu. Membaca menjadi salah satu hobby saya saat itu. Dari saat itu saya meminta mama saya untuk membelikan buku cerita dan komik.
    Saya mulai membaca novel ketika saya kelas 1 SMP. 3 tahun di SMP, membuat teman² dan guru saya bisa menarik kesimpulan bahwa saya adalah seorang kutu buku.
    Semua berubah ketika memasuki SMA, saya jadi jarang membaca dan menulis Diary. Terakhir saya aktif menulis di diary saya adalah kelas 1 SMA, hampir setiap hari saya menulis Diary. Ketika memasuki tahun kedua SMA, saya jadi jarang menulis karena banyak tugas dan kerja kelompok apa lagi saya masuk dalam jurusan IPA, saya sangat lelah dan langsung tidur. Ditambah lagi saat adanya HP saya sangat jarang menulis dan lebih menghabiskan waktu untuk bermain sosmed. Namunn, saya selalu menyempatkan diri untuk menulis dalam sebulan, tidak serajin dulu tapi saya selalu menyempatkan diri untuk menulis.

    Terimakasih pater atas opininya. Setelah membaca opini Pater, saya langsung ingat bahwa saya memiliki diary dan terakhir kali saya menulisnya adalah 11 bulan yang lalu.
    Saya langsung bersemangat untuk menulis Diary saya lagi. Terimakasih 🙏

  33. Odilia Angelina Mentari Langgut berkata

    Saya setuju dengan opini Pater. Opini tentang buku harian ini sangat bermanfaat bagi saya. Buku harian yang saya tulis, bisa menjadi salah satu tempat untuk mengungkapkan suka duka saya, tanpa adanya campur tangan orang lain.

  34. Alexandro D Songgo berkata

    Terima kasih kepada pater Yos yang telah meluangkan waktu untuk menulis opini ini.
    Opini ini sangat menarik untuk dibaca, sebab dalam opini ini banyak mengandung manfaat bagi saya secara pribadi dan memotivasi saya untuk menulis semua kejadian, baik kejadian suka maupun duka yang pernah saya alami.

  35. Melania Claurita Apong berkata

    Saya setuju dengan opini yang disampaikan oleh Peter Yos. Dengan membaca opini ini saya jadi tertarik untuk menulis diary.

  36. MARIA ROSLY DWIPUTRI berkata

    Terimakasih kepada Pater Yos yang telah meluangkan waktu untuk membuat opini tentang diary ini.Dulu saya sering menulis diary.Karena apapun perasaan yang saya rasakan,saya selalu menulisnya pada diary.Saya berpikir mungkin suatu saat nanti,apabila saya amnesia atau melupakan sesuatu di masa lalu,saya bisa mengingatnya lagi lewat membaca kembali diary itu..Tapi sekarang saya jarang menulis diary.
    Saya bersyukur karena setelah membaca opini tentang diary ini,saya semakin sadar bahwa menulis diary itu penting.Saya bisa mengembangkan intelektual menulis saya dan mengetahui siapa diri saya atau mengekspresikannya tanpa ada campur tangan dari orang lain.Terimakasih

  37. Arsenius K. Novitkarpio berkata

    Saya sangat berterima kasih kepada Pater Yos yang telah meluangkan waktu untuk membuat opini ini tentang diary ini.saya sangat setuju dengan opini yang telah saya baca,karena banyak sekali manfaat dan motivasi yang telah diberikan.Terima kasih

  38. Nalony Glory Hephzibah Mangirafja berkata

    Saya sangat setuju dengan opini dari Pater Yos.
    Saya yang dulunya sangat menulis diary tetapi berkat tugas dari pater saya mulai rajin menulis diary dan ketika saya menulis diary saya merasa lebih lega dan tanpa satu orang pun yang bisa menghakimi saya.
    Terima kasih Pater.

  39. Nalony Glory Hephzibah Mangiradja berkata

    Saya sangat setuju dengan opini dari Pater Yos.
    Saya yang dulunya sangat menulis diary tetapi berkat tugas dari pater saya mulai rajin menulis diary dan ketika saya menulis diary saya merasa lebih lega dan tanpa satu orang pun yang bisa menghakimi saya.
    Terima kasih Pater.

  40. Defrensia Apriliani Kasi berkata

    Setelah saya membaca opini yang telah dituliskan oleh Pater Yos ini, saya merasa manfaat dari menulis buku harian itu sangat banyak. Bagaimana ketika kita tidak ingin membagi sesuatu masalah yang kita rasakan dengan orang lain, kita bisa menulisnya di buku harian kita. Dan juga bagaimana kita mengekspresikan sesuatu, menceritakan bagaimana hari ini. Selain itu bisa membuat kita banyak menulis dan membaca.

  41. Felisitas Serena Nomer berkata

    Selamat pagi .
    Sebelum saya memberi komentar terhadap tulisan yang Pater Yos buat ini, saya mau mengucapkan terima kasih kepada Pater Yos karena telah bersedia membuat tulisan ini. Tulisan ini dapat menambah wawasan saya dan para pembaca lainnya tentang diary.
    Saya sangat setuju dengan tulisan yang Pater Yos buat .
    Menulis diary sangat penting karena menulis diary merupakan bentuk ungkapan kita terhadap peristiwa-peristiwa menarik yang kita alami, apa yang kita rasa dan apa yang kita pikirkan.
    Selain itu, menulis diary juga melatih seseorang untuk mengolah kata-kata menjadi kalimat yang menarik.
    Namun, ada beberapa perilaku buruk yang sering saya temui. Contohnya teman-teman yang suka mengambil lalu membacakan isi diary milik teman lain .
    Hal itu merupakan perilaku yang sangat buruk karena diary merupakan curahan hati seseorang dan sifatnya itu pribadi, tidak untuk diumbar-umbar.
    Dan saya berharap semoga teman-teman bisa memahami hal tersebut.
    Terima kasih.

  42. Sofia Sastriana Grasia berkata

    Terima kasih saya ucapkan kepada Pater Yos Bala Makin SVD,selaku guru Bhasa Indonesia saya,yang telah meluangkan waktunya untuk menulis sebuah opini.Setelah saya membaca opini tersebut banyak informasi penting yang saya dapat,dari goresan kalimat-kalimat yang sangat termotifasi.Saya pribadi mulai menulis diary sejak tingkat Sekolah Dasar sampai dengan sekarang,dari hal tersebut saya dapat menilai bahwa kemampuan cara berpikir dan cara menulis seseorang,mengalami perubahan dari masa kemasa.Pemeblajaran yang diberikan oleh pater sangat bermanfaat dan berguna bagi kami.
    Salam Sukses dan Terima kasih🙏😇

  43. Rio Ramadhan berkata

    good

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More