Monitoring Kegiatan Pencegahan Stunting Desa Liang Sola

57
Monitoring Kegiatan Pencegahan Stunting Desa Liang Sola
Tim percepatan penurunan stunting Kecamatan Lembor memonitoring kegiatan Pos Gizi Terpadu dan Terpusat di Desa Liang Sola. Foto/Robert Perkasa

 

LEMBOR | Pojokbebas.com | Tim percepatan penurunan stunting dari Pusat Kesehatan Masyarakat Wae Nakeng dan PKK Kecamatan Lembor turun memonitoring kegiatan Pos Gizi Terpadu dan Terpusat untuk Generasi Emas (Pos Gizi Cantik Gemas) di Desa Liang Sola, Kabupaten Manggarai Bart Sabtu (2/7/2022).

Hadir monitoring, Kepala Puskesmas Wae Nakeng, Fransiska Ratnayati Babur, S.Farm, koordinator kegiatan Pos Gizi PKM Wae Nakeng, Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Lembor, Adrianus F.J Hapan, SE dan Ketua PKK Kecamatan Lembor, Yosefa Reliana, S.Tr.Keb.

Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Lembor Adrianus F.J Hapan, SE menjelaskan kehadiran Tim monitoring sebagai bentuk dukungan stakeholder dalam upaya nyata menurunkan stunting di Desa Liang Sola.

“Desa Liang Sola  merupakan Desa pertama yang melakukan kegiatan ini untuk kecamatan Lembor. Saya mengapresiasi  komitmen Kepala Desa Liang Sola menjalankan kegiatan Pos Gizi Cantik Gemas
selama 14 hari secara terpusat. Ini keputusan luar biasa”, ungkapnya.

Sebelumnya, grafik stunting di Desa itu mengalami penurunan drastis dari 40,67 % menjadi 21,32 % dari total angka stunting 559 anak (26,92%) di Kecamatan Lembor.

Siap Berkontribusi

Ketua PKK Kecamatan Lembor, Yosefa Reliana, S.Tr, Keb mengaku minimnya kontribusi PKK Kecamatan Lembor selama kegiatan ini mulai dicanangkan. Namun demikian, ia menyatakan kesiapan Pokja IV yang membidangi urusan stunting ikut terjun secara langsung  dalam kegiatan selama 15 hari ke depan dari  total 90 hari yang direncanakan.

Selain monitoring, petugas kesehatan  melakukan pemeriksaan dan penimbangan berat badan  anak-anak  sasaran  oleh dokter  Eufemia F. Hubung.

Koordinator Gizi PKM Wae Nakeng, Theresia Duka, Amd berharap kegiatan yang sudah berlangsung selama 14 hari menjadi pengalaman yang baik untuk dijalankan di rumah masing masing peserta.

BACA JUGA :  Deklarasi Desa Liang Sola Jadi Desa Layak Anak

“Kami akan melakukan monitoring kegiatan itu secara konsisten dan melaporkan progres kegiatan ini”, ujarnya.

Kepala Desa Liang Sola, Adrianus Harsi meneguhkan sasaran kegiatan agar anggaran yang disiapkan benar- benar sesuai harapan dan niat baik pemdes agar Desa Liang Sola menjadi desa bebas stunting.

“Saya sangat mengharapkan komitmen ibu-ibu untuk terus meningkatkan pola asuh bagi anak-anak kita”, pinta Kades Adrianus Harsi meneguhkan.*(Robert Perkasa)

kominfo iklan

Leave A Reply

Your email address will not be published.