Panen Padi Hibrida Intani 602, Wabup Belu: Tingkatkan Produksi dan Produktivitas

74
Panen Padi Hibrida Intani 602, Wabup Belu: Tingkatkan Produksi dan Produktivitas
Wabup Belu Drs. Aloysius Haleserens, MM (keempat dari kanan) saat melakukan panen simbolis padi jenis hibrida Intani 602 di areal persawahan Desa Leuntolu, Kecamatan Raimanuk, Senin (29/11/2021). (Foto: @prokotolbelu)

 

RAIMANUK, Pojokbebas.Com – Wakil Bupati Belu Drs. Aloysius Haleserens, MM meminta kepada pihak terkait termasuk PPL di Belu agar lebih diintensifkan penanaman padi Hibrida Intani 602. Tujuannya agar dapat meningkatkan lagi hasil produksi dengan areal yang lebih luas. Ia juga meminta kepada PT. Bisi Indonesia agar tetap melakukan pendampingan kepada petani di Kabupaten Belu khususnya di Desa Leuntolu.

Pendampingan oleh PPL menurut Wabup Belu perlu terus dilakukan kepada petani karena kelemahan utama di Belu adalah pendampingan kepada Petani.

“Kembangkan terus, tingkatkan produksi dan produktivitas, pendampingan terus dilakukan,” ujar Wabup Belu Drs. Aloysius Haleserens, MM saat melakukan panen simbolis padi jenis hibrida Intani 602 di areal persawahan Desa Leuntolu, Kecamatan Raimanuk, Senin (29/11/2021).

Hadir pula pada kesempatan tersebut mendampingi Wabup Belu adalah Anggota DPRD Belu Aprianus Hale, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Matilde Seran, AP, Camat Raimanuk Hironimus Mau Luma, S.Pd, MM dan Kepala Desa Leuntolu serta petani.

Sebelum melakukan panen, Wabup Belu mengucapkan terimakasih kepada PT. Bisi Indonesia Tbk yang telah memfasilitasi petani mulai dari penyiapan bibit, pupuk, obat-obatan dan hal lainnya dan memberikan hasil di lahan ujicoba yang memuaskan yakni 5,2 ton/hektar.

Kepada Kepala Desa, Camat, PPL agar mendata jika ada lahan kosong dan tidak diberdayakan agar dikoordinasikan dengan pemilik lahan untuk diberdayakan sehingga lahan yang kosong dapat dikembangkan/diolah dengan persetujuan pemilik lahan.

Dalam kesempatan yang sama, Executive Manager Timor-NTT PT. Bisi International Tbk, Agustinus K.M. Halek menyampaikan bahwa PT. Bisi International Tbk bergerak di produsen benih padi, jagung dan hortikultura.

Lanjut Gusti Halek, tujuannya adalah bagaimana mengenalkan produk baru kepada petani dengan potensi unggulan agar petani di Belu khususnya Desa Leuntolu mengenal varietas-varietas unggul baru yang secara umum akan membawa perubahan ditingkat produktivitas dan ketahanan terhadap hama dan penyakit.

BACA JUGA :  Tokoh Nasional-Ekonom Terkemuka Rizal Ramli Juga Menolak Tambang Semen di Matim

Gusti Halek juga mengatakan bahwa hasil panen kali ini adalah ujicoba untuk Musim Tanam II. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pilihan bagi petani di Kabupaten Belu.
“Semoga ini bisa menjadi momen yang baik bagi kami untuk pengembangan dan pemasaran di Kabupaten Belu serta petani mendapat informasi yang baik untuk pengembangan pertanian khususnya padi hibrida di Belu,” tutupnya.* (Edit. Pb-7/ @prokopimbelu)

kominfo iklan

Leave A Reply

Your email address will not be published.