Prediksi WHO Terkait Penyebaran Omicron: Setengah Populasi Eropa Akan Terinfeksi

94
Prediksi WHO Terkait Penyebaran Omicron: Setengah Populasi Eropa Akan Terinfeksi
Penyebaran Covid-19 varian Omicron di berbagai belahan dunia kian mengkhawatirkan|Foto istimewa

 

JENEWA, Pojokbebas.com-Penyebaran Covid-19 varian Omicron di berbagai belahan dunia kian mengkhawatirkan. Di Eropa, lebih dari setengah populasi akan terinfeksi Omicron dalam 6 hingga 8 pekan ke depan.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Eropa, Hans Kluge, dalam pernyataannya, Selasa (11/1/2022) kemarin.

“Pada tingkat ini, Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan memperkirakan lebih dari 50 persen populasi di wilayah tersebut akan terinfeksi Omicron dalam 6-8 pekan ke depan,” ungkap Kluge.

Pejabat tinggi WHO di Eropa melaporkan bahwa pada pekan pertama 2022, sebanyak 7 juta kasus Covid-19 Omicron dilaporkan di benua itu. Jumlah itu menunjukkan prevalensi varian Omicron telah berlipat ganda selama periode dua pekan. Varian yang sangat menular itu telah menyebabkan lonjakan besar dalam tingkat infeksi di seluruh benua Eropa.

Prancis, pekan lalu, mencatat lebih dari 300.000 kasus Covid-19 dalam 24 jam. Omicron juga telah menyebabkan rekor tingkat infeksi Covid di Inggris. Tercatat bahwa yang tidak divaksinasi menjadi pengguna tempat tidur di rumah sakit akibat wabah Omicron.

Prediksi WHO ini membuat pejabat berwenang khawatir ketersediaan rumah sakit di benua Eropa akan kesulitan menampung pasien. (Pb–6)

BACA JUGA :  WHO: Kurang dari 10% Populasi Dunia Kebal Terhadap Virus Corona
kominfo iklan

Leave A Reply

Your email address will not be published.