Shin Bet Bongkar Jaringan Mata-mata Iran, 5 Agen Ditangkap

26
Shin Bet BongkarJaringan Mata-mata Iran, 5 Agen Ditangkap
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett|Fto istimewa

 

TEL AVIV, Pojokbebas.com– Sebanyak lima agen intelijen Iran yang beroperasi di Israel dibekuk aparat dari dinas keamanan internal Israel, Shin Bet. The Times of Israel melaporkan, jaringan mata-mata Iran itu terdiri dari empat wanita dan satu pria.

Kelima agen tersebut semuanya adalah imigran Yahudi dari Iran. Mata-mata tersebut berhasil ditangkap. Perdana Menteri Israel Naftali Bennett memuji Shin Bet karena menghentikan jaringan mata-mata Iran.

“Israel sedang dalam kampanye melawan Iran. Kami melihat upaya yang jelas dan upaya tak henti-hentinya oleh Korps Garda Revolusi Iran untuk merekrut warga Israel,” kata Bennett, Kamis (13/1/2022).

Israel dan Iran telah lama menjadi musuh. Tel Aviv memandang Teheran sebagai ancaman terbesar bagi keberadaannya. Kedua negara itu terus meningkatkan aktivitas mata-mata.

Disebutkan bahwa Iran merekrut warga keturunan Israel untuk mengumpulkan data intelijen di negara Yahudi itu. “Para tersangka mengambil foto situs-situs penting yang strategis di Israel, termasuk Konsulat AS di Tel Aviv, berusaha menjalin hubungan dengan para politisi, memberikan informasi tentang pengaturan keamanan di berbagai situs, dan melakukan pelanggaran lainnya,” ungkap dinas keamanan internal Israel, Shin Bet .

Shin Bet mengidentifikasi agen Iran di balik jaringan mata-mata sebagai Rambud Namdar, yang berpura-pura menjadi seorang Yahudi yang tinggal di Teheran.

Shin Bet mengatakan operasi Iran yang menjalankan jaringan mata-mata mencoba meyakinkan salah satu tersangka untuk meningkatkan bahasa Persia mereka dan bergabung dengan unit intelijen militer di IDF.

“Semua dilakukan atas arahan (seorang) operator asal Iran dan dengan imbalan ribuan dolar,” ungkap pejabat dinas rahasia internal Israel Shin Bet, dikutip Al Arabiya, Kamis (13/1/2022).

Shin Bet mengakui, telah terjadi peningkatan perekrutan warga keturunan Yahudi oleh agen intelijen Iran. “Ini paya untuk mengumpulkan intelijen yang dapat membantu (Iran) dalam perjuangannya melawan Israel,” kata pejabat Shin Bet. (Pb-6)

BACA JUGA :  UU Cipta Kerja Diketok, Sanksi Pidana Tegas Bagi Oknum yang Masih "Bermain-Main" dengan Hutan

kominfo iklan

Leave A Reply

Your email address will not be published.