Syukur Panen Dalam Lingkaran Kekerabatan dan Persaudaraan Sejati

721
Pastor Paroki Rekas, P. Yeremias Ganggur Bero, SVD hadir di tengah mereka memimpin Perayaan Ekaristi bertajuk Syukur Panen yang digelar di rumah adat Kampung Langgo, Rabu (22/6/2022) petang. (Foto: Robert Perkasa)

 

SANO NGGOANG | Pojokbebas.com | Ratusan umat Katolik dari 4 Komunitas Basis Gerejani (KBG), Santu Fransiskus, Santu Damianus, Santa Maria Fatima dan Santu Yohanes Paulus II bersama umat Muslim di Kampung Langgo mendaraskan doa syukur panen dalam lingkaran kekerabatan dan persaudaraan sejati.

Mereka senada mengucap syukur atas rezeki dan anugerah kehidupan, kesehatan, kebersamaan serta kerukunan yang dialami dalam  sosialitas keseharian mereka sejauh ini. Mereka meyakini bahwa semua rezeki dan anugerah tersebut datang dari sang Ilahi.

Pastor Paroki Rekas, P. Yeremias Ganggur Bero, SVD hadir di tengah mereka memimpin Perayaan Ekaristi bertajuk Syukur Panen yang digelar di rumah adat Kampung Langgo, Rabu (22/6/2022) petang.

Sebelum Misa dimulai, para tetua adat di Kampung itu duduk bersila di atas tikar menyambut secara adat kedatangan Pastor Paroki Rekas, Yeremias Ganggur Bero, SVD (Pater Yerem, demikian umatnya menyapa akrab).

Di hadapan umat, tampak 4 karung beras, 2 tandan pisang, sayuran hijau dari kebun mereka menjadi bahan persembahan dalam Misa Syukur Panen yang berlangsung sederhana.

Mengawali Misa syukuran itu, Pater Yerem menjelaskan, Misa Syukur Panen ini merupakan program Pastor Paroki Rekas bersama Dewan Pastoral Paroki.  Program ini menjadi jawaban atas harapan semua umat supaya  Pastor (pelayan yang tertahbis) jangan hanya tinggal di Pastoran. Umat mengharapkan agar Pastor senantiasa mengunjungi umatnya yang tersebar di KBG-KBG secara berkala.

“Sejalan dengan ini, bapa Uskup  mengharapkan  Pastor diminta dengan sangat supaya membuat program. Jangan tunggu dipanggil oleh umat. Ini salah satu tanggapan baik kami terhadap apa yang menjadi harapan bapa Uskup dan juga harapan umat supaya kami lebih banyak datang mengunjungi umat. Ini program kedua dari beberapa program yang kita canangkan bersama di tahun pariwisata holistik ini”, jelas Pater Yerem.

BACA JUGA :  Anggota DPRD Manggarai Minta Bupati Hery Tidak Pindahkan SDN Romang ke Kampung Mbang

“Memang di beberapa KBG, ada yang nyeletuk, kami tidak ada sawah, apa yang mesti kami syukuri. Pernyataan seperti ini menggugah hati banyak orang, terutama saya juga, untuk memberikan peneguhan kepada kita semua”, ujarnya.

Dijelaskan, Syukur Panen sebuah istilah dalam liturgi yang mau menyatakan bahwa kita pantas  bersyukur atas kehidupan dan kesehatan kita. Selain itu, bersyukuran atas kebersamaan, keakraban dan persaudaraan kita. Kita semua secara pribadi sering kali bersyukur tetapi jarang sekali kita syukur bersama.

“Lebih unik lagi di Kampung Langgo ini. Bahwa sesama saudara kita yang beragama Muslim juga hadir ambil bagian dalam perayaan Ekaristi ini. Ini terjadi di Kampung Langgo. Sangat luar biasa. Ini sebenarnya yang menjadi inti dari perayaan Syukur Panen ini. Syukur karena kita masih hidup. Kita dianugerahi  kebaikan dari Tuhan. Kita dianugerahi  keakraban, kebersamaan dan persaudaraan”, tandasnya.

Pengesahan 4 KBG

Dalam perayaan ini, Pater Yerem juga mengesahkan Pengurus 4  KBG di Kampung Langgo yang telah terpilih sebelumnya. Ia menegaskan, pengurus KBG merupakan pelayan terbabtis yang menunaikan tugas pelayanan.

Pater Yerem menyadarkan bahwa para pengurus KBG tidak bisa berjalan kalau  tanpa dukungan dan kerja sama dari semua umat.

“Saya  yakin bahwa 4 Ketua KBG ini siap menjalankan  tugas pelayanan. Memang kita semua ini adalah pelayan. Kami Pastor pelayan tertabis sedangkan pengurus KBG pelayan terbaptis. Saya ucap terima kasih atas kesediaan bapa-bapa menjadi pengurus KBG untuk beberapa tahun ke depan. Terima kasih untuk kerelaan dan kesediaannya. Tentu mereka menyadari bahwa  mereka tidak bisa berjalan kalau  tanpa dukungan dan kerja sama dari kita semua.  Bersama berjalan dan berjalan bersama. Kita bisa karena berjalan bersama”, kata Pater Yerem meneguhkan. *(Robert Perkasa)

BACA JUGA :  Gelar Anev, Kapolri Sampaikan Pesan Ini kepada Seluruh Jajarannya
kominfo iklan

Leave A Reply

Your email address will not be published.