kominfo iklan

Tengku Siwa dan Misteri Manusia Gua (Bagian I)

Oleh Yohanes A Fantur & Yo Baptista (Wisatawan Lokal)

279
Yo Baptista saat berkunjung ke Tengku Siwa baru baru ini dengan latar tebing Tengku Siwa yang kering tak ada air. (Foto: Yo Baptista)

 

TENGKU Siwa merupakan salah satu wisata air terjun di Dusun Sambor, Desa Nggalak, Kecamatan Reok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Posisi kecuraman sangat terjal 90m² dengan tinggi sekitar 30 meter.  Letaknya sebelah Timur Dusun Sambor atau sebelah selatan Dusun Tureng.

Jaraknya dari Dusun Sambor sekitar tiga kilometer dengan jalan rata dan tiga kilometer pula dari Dusun Tureng dengan kondisi jalan menurun.

Bagi para pencinta traveling, kondisi jalan dari Dusun Sambor yang rata mungkin kurang menantang, kecuali menggunakan motor trail sambil menikmati sensasi keindahan kebun dan pepohonan serta sawah. Dibandingkan dari arah Dusun Tureng yang jalannya menurun, beberapa bagian cukup landai, tapi beberapa bagian lainnya cukup terjal.

Pilihan jalan dari Dusun Tureng ada dua yaitu bisa melalui hutan kopi masyarakat dan bisa juga melalui sungai lebar berbatu di tengah hutan yang lebat dan sejuk.

Kondisi Tengku Siwa di Dua Musim

Dalam liburan tim kami baru baru ini ke Tengku Siwa, kondisi air terjunnya mengering. Namun pemandangan lumut kuning dan hijau pada tebing berbatu mengandung nilai estetis tersendiri.

Pada musim hujan, air terjun sangat besar dan melebar sekitar 50 meter. Gemuruh suara air terjun di musim hujan bisa terdengar hingga Dusun Tureng.

Yo Baptista berfoto di depan Kolam di dasar tebing Tengku Siwa. (Foto: Yo Baptista)

 

Di dasar tebing air terjun terdapat kolam cukup besar dan dalam di tengah hutan yang rindang. Juga terdapat batu-batu besar dengan bagian atas yang rata mirip meja alam.

Di sepanjang kali di dasar Tengku Siwa airnya sangat jernih, terdapat banyak kolam dari yang berukuran kecil hingga yang besar. Kolam kolam tersebut menjadi tempat berenang favorit pemuda-pemudi yang berkunjung ke tempat tersebut.

BACA JUGA :  Menag Baru, Yaqut Cholil Qoumas : Agama Harus Menjadi Inspirasi

Misteri Manusia Gua 

Di sudut Tengku Siwa sebelah timur terdapat gua alami yang cukup besar dan tinggi, Gua Tengku Siwa.

Batu manusia gua di Gua Tengku Siwa. (Foto: Yo Baptista)

 

Isi gua tersebut terbilang misterius. Dari pantauan tim kami di lokasi baru baru ini, terdapat meja dari batu dan di atas meja tersebut terdapat ornamen yang mirip catur. Beberapa batu di sekitar meja tersebut juga terdapat beberapa batu mirip manusia yang seakan akan tengah bermain catur.

obor ormas

Tampak pula sebongkah batu lain yang tingginya setinggi manusia, sedikit mirip manusia pula, di sisi yang lain meja dan tampak seakan akan tengah menyaksikan orang yang tengah bermain catur.

Banyak warga yang berspekulasi bahwa batu tersebut adalah jelmaan sosok Siwa dalam legenda Tengku Siwa yang populer di masyarakat sekitar.

Tim Yo Baptista berfoto bersama di Gua Tengku Siwa. (Foto: Yo Baptista)

 

Ada pula yang berspekulasi bahwa batu tersebut adalah jelmaan sosok ketua regu yang merencanakan pembunuhan terhadap Siwa yang cemburu dan iri dengan ketampanannya yang mirip manusia dewasa ini sehingga jadi rebutan para gadis sedangkan pemuda yang lain yang konon masih berwajah mirip kuda dijauhi para gadis kala itu. Dan yang tengah bermain catur adalah sosok teman-teman dari ketua regu tadi.

Namanya juga spekulasi tentu saja sebatas kemungkinan dari masyarakat sekitar jika dikaitkan dengan legenda Tengku Siwa yang dikisahkan secara turun temurun.

Tapi yang pasti, Isi gua tersebut yang tampak misterius mengundang decak kagum sekaligus rasa heran pengunjung gua tersebut.

Dari arah gua tersebut, pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan kali Siwa yang mengalir menuju Jembatan Pesi dan Kota Reo.

Meja orang bermain catur di dalam gua Tengku Siwa. (Foto: Yo Baptista)

 

Suguhan suasana eksotik Gua Tengku Siwa dan Tengku Siwa lengkap dengan kondisi alam yang sejuk dan asri membuat pengunjung serasa enggan untuk pulang.

BACA JUGA :  Ribuan Warga Lintas Agama di Kabupaten Sikka Antar Jenazah Pejuang Kemanusiaan Suster Esto ke Pekuburan SSpS Wairkoja

Legenda Tengku Siwa dan Kisah Hano Limbung

Hano Limbung adalah suatu danau yang terletak di samping Sungai Siwa. Dari Tengku Siwa jaraknya sekitar satu kilometer.

Konon, Hano Limbung adalah kampung asal pemuda ganteng bernama Siwa.

Berdasarkan legenda yang ada, konon Hano Limbung adalah suatu kampung yang ambeles ke dalam tanah yang berubah menjadi rawa-rawa dan kini menjadi danau.

Beberapa sesepuh di Dusun Tureng dan Dusun Sambor mengetahui dengan baik kisah Hano Limbung tersebut dan apa penyebab kampung tersebut ambeles ke dalam tanah.

Baiknya kisah tersebut dituturkan kepada anak-anak muda dari masa ke masa agar diketahui generasi selanjutnya dan menjadi cerita yang memilki pesan moral yang dalam.*(BERSAMBUNG…)

 

knpi
hanura

Leave A Reply

Your email address will not be published.