Waspada! Mutasi Covid-19 dari Inggris Sudah Ada di Indonesia

Waspada! Mutasi Covid-19 dari Inggris Sudah Ada di Indonesia
Foto ilustrasi istimewa

 

JAKARTA, Pojokbebas.com – Virus mutasi baru Covid-19 B117 asal Inggris sudah masuk Indonesia. Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengatakan, virus mutasi ini lebih berbahya karena penulrannya lebih cepat sehingga memicu kenaikan kasus Covid-19. Dia mengingatkan agar pemerintah dan seluruh warga lebih waspada

“Kado satu tahun setelah Presiden Jokowi umumkan kasus Covid-19, upaya pengendalian belum berhasil, dilaporkan kasus dengan varian baru yang lebih mudah menular,” kata Rino dalam keterangannya kepada media, Rabu (3/3).

BACA JUGA: Pekan Ini Angka Kematian Pasien Covid-19 Naik 74,8%

Menurut Rino, yang perlu diperhatikan saat ini adalah upaya pencegahan yang harus diutamakan dan dilakukan secara maksimal, terutama peran surveilans dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadi paling utama.

Saat ini, lanjut Rino, salah satu virus yang paling ditakutkan adalah virus baru B117 ini masuk ke Indonesia adalah kecepatan penularan yang lebih tinggi. “Kalau kecepatan penularan tinggi, kita kewalahan karena rumah sakit bisa penuh lagi. Jika rumah sakit penuh, kita tidak bisa optimal merawat pasien dan angka kematian naik lagi, akhirnya pelayanan kesehatan kolaps,” kara Rino mengingatkan.

BACA JUGA:
Hari Pertama Jadi Menteri, AHY Kunker ke Manado
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More