kominfo iklan

YMTTN Berikan Bantuan Vitamin untuk Penanganan Stunting di Kecamatan Mutis

179
Tim YMTTN yang diwakili Veronika Lake, S.ST.,MM Ketua Bidang Kesehatan dan Pemberdayaan Perempan, bersama dengan Kamilius Elu, S.H, Wakil Ketua I YMTTN saat memberikan bantuan.

Eban-TTU, Pojokbebas.com – Ketua Bidang Kesehatan dan Pemberdayaan Perempuan mewakili Yayasan Mitra Terang Timor Nusantara (YMTTN) Veronika Lake, S.ST, MM menyerahkan bantuan vitamin untuk penanganan stunting (bayi gizi buruk) di Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara pada 22 September 2022.

Hadir menerima bantuan tersebut Kepala Puskesmas Tasinifu Ibu Erna Tanines. Wakil Ketua I YMTTN Kamilus Elu, SH juga hadir dalam kesempatan tersebut.

Veronika Lake menjelaskan bahwa bantuan vitamin merupakan kerja sama YMTTN dengan sejumlah donatur berhati baik di Jakarta. YMTTN ingin terlibat bersama para perawat yang kini menjadi garda terdepan melawan gizi buruk (stunting) di TTU.

“Jangan dilihat dari kecilnya bantuan. Karena bantuan ini wujud solidaritas YMTTN untuk mendukung perjuangan mencegah dan menangani stunting. Kami sangat mengapresiasi perjuangan para tenaga kesehatan yang berjibaku melawan stunting di Mutis, dan TTU,” ujarnya.

Menurut peneliti Areopagus Institute tersebut, intervensi pencegahan dan penanganan stunting harus direncanakan secara matang agar angka prevalensi stunting dapat ditekan dan bahkan suatu saat TTU bisa bebas stunting.

obor ormas

Karena itu, Veronika mengajak berbagai pihak untuk terlibat mengatasi stunting untuk menciptakan masa depan generasi muda di perbatasan.

“Intervensi stunting baik penanganan dan pencegahan stunting dilakukan secara komprehensif,” bebernya.

Veronika mengatakan stunting tidak hanya terkait intervensi kesehatan. Namun yang utama adalah, mengedukasi gizi kepada calon ibu dan suami, penyediaan air bersih, serta ketersediaan sayur-sayuran, buah-buahan, atau makanan sehat, peningkatan kapasitas serta pemberdayaan perempuan dan lain-lain.

Wakil Ketua YMTTN Kamilus Elu, SH berkomitmen untuk terus melakukan kerja-kerja konstruktif untuk mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Timor Tengah Utara. Ia mengaku, YMTTN sementara mencari cara-cara kreatif terus berkontribusi membangun SDM di TTU. Bantuan vitamin akan dibagikan di wilayah Insana maupun Biboki.

BACA JUGA :  Amdal Tambang, SP NTT: Pemprov NTT dan Pemkab Matim Tak Transparan

“YMTTN akan terus mencari sponsor dan orang-orang berhati baik untuk memberikan berbagai bantuan bantuan baik jangka pendek maupun jangka panjang di TTU,” ujar mantan staf Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tersebut.

Pada kesempatan itu, Erna Tanines memaparkan tentang kondisi terkini terkait stunting di Kecamatan Mutis. Ia mengaku pihaknya sedang berjuang keras melakukan edukasi pencegahan juga intervensi penanganan stunting di Kecamatan Mutis.

“Karena itu kami sangat senang mendapat support atau dukungan dari berbagai pihak, termasuk YMTTN. Karena upaya membebaskan TTU dari stunting adalah kerja sama semua pihak dengan memanfaatkan dukungan jaringan. Terima kasih YMTTN,” tutupnya.

knpi
hanura

Leave A Reply

Your email address will not be published.