Amerika Serikat Menangkap Ilmuwan Cina Karena Visa “Palsu” dan Bersembunyi di Konsulat Cina di San Fransisco

Tang Juan, ilmuwan Cina yang ditahan otoritas Amerika Serikat di Konsulat China di San Fransisco (Infobae)

 

Pojokbebas.com. Hubungan diplomatik Cina dan Amerika Serikat mengalami peningkatan ketegangan karena dugaan kebocoran dan pencurian informasi oleh pihak Cina. Pihak berwenang, Departemen Kehakiman Amerika Serikat, mengumumkan pada hari Jumat kemarin penangkapan Tang Juan, seorang ilmuwan negara Cina yang dituduh telah memasuki negara itu dengan visa palsu dan bersembunyi di konsulat negara Cina di San Francisco.

Tang Juan akhirnya dibawa ke Sacramento sebagai tahanan AS dan akan diajukan ke pengadilan sesegera mungkin. Washington menuduh Beijing menggunakan markas diplomatiknya sebagai administrator jaringan mata-mata untuk mencuri kekayaan intelektual dari perusahaan, universitas, dan pusat penelitian di Amerika Serikat.

Selain kasus Juan, pihak berwenang AS juga menahan tiga penyelidik China lainnya atas tuduhan penipuan dalam permohonan visanya. Penangkapan itu terjadi setelah pemerintah Presiden AS Donald Trump memaksa China untuk menutup konsulatnya di Houston (Texas) di tengah tuduhan aksi spionase baru.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More