Anak Rentan Stunting Dipicu Kekurangan Gizi

JAKARTA, Pojokbebas.com–Kekurangan asupan gizi pada anak balita bisa memicu stunting. Di tengah harga sembako semakin mahal, asupan gizi bagi anak semakin berkurang sehingga potensi stunting bertambah.

Menurut peneliti dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), Sulistiadi Dono Iskandar, M.Sc. kenaikan inflasi dan harga pangan telah memberikan dampak bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama keluarga dengan tingkat pendapatan rendah.

Dari data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), terlihat bahwa semakin rendah pendapatan per kapita masyarakat, semakin rendah pula pengeluarannya untuk pangan bergizi.

Akibat inflasi dan kenaikan harga, beberapa masyarakat kurang mampu terpaksa mengurangi belanja pangan karena ingin berhemat atau mungkin memilih alternatif yang kurang bernutrisi.

“Alhasil, anak rentan terkena stunting karena kurang gizi atau anemia karena kurang zat besi,” ujar Sulistiadi, Sabtu (18/5).

“Hal ini juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan erat antara faktor ekonomi keluarga dengan permasalahan status gizi anak,” imbuhnya.

BACA JUGA:
Tata Kelola yang Baik, Kunci Penting Lawan Stunting
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More