BNPB Sebut 11 Ribu Warga Mengungsi Akibat Erupsi Gunung Ruang

JAKARTA, Pojokbebas.comErupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) yang saat ini berstatus meningkat menjadi level IV atau awas membawa petaka bagi warga sekitar.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada sekitar 11.614 penduduk harus mengungsi akibat eruspsi gunung tersebut.

Dalam video yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia, Kamis (18/4), Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan bahwa pengungsian warga itu sesuai dengan perhitungan jarak aman sejauh 6+1 kilometer dari Gunung Ruang.

“Untuk jumlah persis dari warga yang sat ini mengungsi, dari hitungan populasi statis berdasarkan rumah penduduk di sana seharusnya paling tidak ada 11 ribu jiwa yang harus mengungsi sementara,” kata Abdul.

Setidaknya, lanjut Abdul, ada empat kapal yang akan dikerahkan untuk mengevakuasi warga di Pulau Tagulandang. Rinciannya ada satu Kapal Perang RI (KRI), dua kapal ferry, dan satu kapal milik Basarnas.

“Jadi paling tidak, ada empat kapal sudah pasti bisa mendukung. Dan tentu saja Kepala BNPB akan meninjau langsung proses tanggap darurat dan evakuasi ke Sulut,” ujarnya.

BACA JUGA:
Cabut Izin Usaha PT SIM di Pede Berdampak Buruk Terhadap Pendapatan Daerah
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More