Bungkam Kebebasan Akademik, SETARA Institute Tolak Militerisasi Kampus

Bungkam Kebebasan Akademik, SETARA Institute Minta Tolak Militerisasi Kampus
Sosialisasi rekruitmen komponen cadangan matra darat di Kodim Lampung Utara (Foto Ongki, Harian Momentum.Com)

 

JAKARTA, Pojokbebas.com-SETARA Institute menolak rencana kerja sama yang sementara dijajaki Kementrian Pertahanan (Kemhan) dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan merekrut mahasiswa untuk terlibat dalam latihan militer melalui program Bela Negara. Hal ini diungkapkan Setara dalam keterangan pers yang diterima Pojokbebas.com, Senin (24/08)

Setara Institute menilai, wacana kerja sama ini memperlihatkan Kemendikbud yang dipimpin Nadiem Makarim, gagal paham dalam melihat kebutuhan dan prioritas dalam dunia pendidikan. Dengan sejumlah persoalan yang terjadi belakangan ini yang berkaitan dengan pelanggaran terhadap kebebasan akademik kampus, alih-alih menjamin kebebasan mimbar akademik Kampus, Kemendikbud malah mengafirmasi militerisasi sektor pendidikan. Hal ini, dinilai Setara juga bertentangan dengan nafas kampus merdeka yang digagas Nadiem.

Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More