DPR RI Ansy Lema: Kikis Ketergantungan Impor, Jadikan Indonesia Juara Hortikultura

Hortikultural
Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema | foto istimewa

Jakarta, Pojokbebas.com – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema atau Ansy Lema mengritik keras kebijakan impor pangan hortikultura. Impor hortikutura sangat bertentangan dengan paradigma kedaulatan pangan di Indonesia. Impor hanya menyokong ketahanan pangan, yang berakibat buruk kepada para petani. Karena itu, Ansy mendesak Kementerian Pertanian terutama Direktorat Jendral Hortikultura untuk segara mengikis ketergantungan pada impor dengan menggenjot produksi hortikultura dalam negeri.

“Pertanyaannya adalah apakah kita mau keluar sebagai negara dengan kedaulatan penuh, ataukah hanya sebagai negara yang cukup dengan ketahanan pangan saja? Jika berorientasi pada kedaulatan, maka kita harus benar-benar membangun mekanisme pengembangan hortikultura yang jelas. Misalnya, produk-produk hortikultura apa saja yang bisa kita dorong sebagai komoditi utama untuk mengikis ketergantungan pada impor,” papar Ansy di Jakarta, Senin  (16/11/2020).

BACA JUGA:
Menjelang Natal dan Tahun Baru, Komisi V DPR RI Soroti Kesiapan Prokes Covid-19
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More