Jaksa ICC Keluarkan Surat Tangkap Netanyahu, Joe Bidan Marah

WASHINGTON DC, Pojokbebas.com – Jaksa Mahkamah Pidana Internasional (ICC) yang mengajukan surat perintah penangkapan untuk pemimpin dan pejabat Israel, termasuk Perdana Menteri (PM)  Benjamin Netanyahu.

Langkah Jaksa ICC ini menimbulkan reaksi keras Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Menteri Luar Negeri Antoni Blinken.

Menurut Biden, langkah Jaksa ICC Karim Khan berlebihan bahkan keterlaluan, sebab Hamas dan Israel bukan entitas yang setara.

“Dan biar saya perjelas: apa pun yang disiratkan oleh jaksa ini, tidak ada kesetaraan — tidak ada — antara Israel dan Hamas,” kata Biden dilansir Reuters, Selasa (21/5).

“Kami akan selalu mendukung Israel melawan ancaman-ancaman terhadap keamanannya,” ucap Biden dalam sebuah pernyataan.

Reaksi keras juga disampaikan oleh Antony Blinken, yang mengkritik langkah jaksa ICC itu.

Blinken memperingatkan bahwa tindakan semacam itu bisa membahayakan negosiasi untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera di Jalur Gaza.

Blinken juga mempertanyakan soal yurisdiksi pengadilan serta proses dalam mengajukan permohonan untuk surat perintah penangkapan semacam itu.

BACA JUGA:
Pasukan Israel Serbu Kediaman Imam Masjid Al Aqsa
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More