Ketika Imam dan Elemen Warga merajut ketulusan Cinta  di Biara Simeon Bukit Sandaran Matahari Ledalero

Laporan Wall Abulat (Jurnalis, Alumni IFTK dan Penulis Buku)

BIARA Simeon terletak di Ledalero  atau dalam Bahasa Setempat Bukit Sandaran  Matahari Terbit. Biara milik Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero terletak sekitar 8 kilometer arah barat Kota Maumere, Kecamatan Nita. Letaknya sangat strategis. Di atas bukit sandaran matahari terbit ini berdiri kokoh sejumlah locus/tempat bersejarah. Di antaranya.

Pertama, ada Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero. Seminari Tinggi sudah menghasikan ribuan imam Kongregasi Societas Verbi Divini (SVD) atau Serikat Sabda Allah, di mana sekitar lebih dari 500 imam SVD tamatannya bekerja pada puluhan negara pada lima benua: Asia, Amerika, Australia, Afrika dan Eropa.

Kedua, ada Kampus Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif IFTK Ledalero). Kampus ini merupakan locus pembinaan akademik dan tahapan pedagogis bagi para imam dan awam yang berkarya bagi gereja dan bangsa pada pelbagai profesi dalam 50 tahun lebih usianya sebagai perguruan  tinggi yang diakui secara resmi oleh negara. Di atas lembaga pendidikan ini, ribuan  calom imam dari pelbagai kongregasi seperti SVD, Konvik Imam Diosesan Ritapiret; Kongregasi Karmel, Kamilian, Scalabrinian, Vokacionis, Rogasionis, MGL, Agustinian, SDV dan pelbagai kongregasi biarawan-biarawati lainnya. Di lembaga pendidikan tinggi ini, juga ada mahasiswa awam yang menimba ilmu di bidang filsafat, pendidikan keagamaan katolik (PKK), desain komunikasi visual (DKV), kewirausahaan, dan magister teologi kontekstual.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More