Kisah “Elang Nazi” dari Kapal Perang Graf Spee yang akan Dilelang di Uruguay

Patung Elang Nazi yang diangkat dari Kapal Perang Graf Spee yang Tenggelam tahun 1939 dalam PD II

 

Pojokbebas.com. Setelah perang melawan Inggris yang dikenal sebagai Pertempuran Río de la Plata di sebelah timur Uruguay, pada 13 Desember 1939 kapal perang Jerman Graf Spee pergi ke pelabuhan Montevideo. Mereka berencana untuk menyembunyikan kekalahan mereka dengan menguburkan para korban peperangan dan berusaha memperbaiki kerusakan pada kapal. Tetapi nasib ternyata berkata lain. Otoritas Montevideo memberi waktu tiga hari  untuk meninggalkan Montevideo. Kemudian Kapten Hans Langsdorff meledakkan kapal tersebut karena takut bahwa kapal tersebut akan jatuh ke tangan musuh.  Elang Graf Spee dulu adalah kebanggaan Armada Angkatan Laut Jerman Nazi. Selama bulan-bulan pertama Perang Dunia II kehadiran kapal perang ini menimbulkan kepanikan di sepanjang rute perdagangan Atlantik Selatan karena dia berada di sana.

Kapal Perang Graf Spee ini menjadi incaran banyak orang. Mereka tertarik dengan sisa-sisa atau peninggalan yang masih bisa dijadikan sebagai barang berharga dari kapal tersebut di Teluk Montevideo. Diantara mereka yang tertarik untuk meneliti kapal tersebut adalah pengusaha Alfredo Etchegaray dan peneliti Daniel Acosta dan Lara. Mereka menjelaskan bahwa karena penasaran untuk mengetahui apa yang tersembunyi dalam kapal perang tersebut mereka akhirnya melakukan penyelaman yang sulit untuk melihat apa yang ada di sana. Dalam penyelaman tersebut mereka menemukan banyak artefak penting dan salah satunya adalah apa yang dikenal sebagai Patung Elang Nazi.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More