Luis Arce Menjadi Presiden Terpilih Masyarakat Bolivia

Luis Arce, presiden terpilih Bolivia (reuters)

La Paz-Pojokbebas.com Luis Arce, ahli ekonomi dan mantan menteri ekonomi dan keuangan zaman Evo Morales, terpilih sebagai Presiden Bolivia dalam pemilihan umum hari Minggu lalu. Kemenangan Luis Arce dalam pemilihan umum tahap pertama tersebut mengagetkan banyak pengamat. Kemenangan Luis Arce yang didukung oleh partai MAS (Movimiento al Socialismo) yang dikepalai oleh mantan presiden Bolivia Evo Morales, yang sekarang dalam pelarian di Argentina, membuka jalan bagi Evo Morales untuk kembali ke Bolivia. 

“Partai MAS telah memenangkan pemilihan umum secara total, termasuk kemenangan wakil rakyat di Senat. Bolivia memilih Arce sebagai Presiden. Lucho (nama kecil Luis Arce), akan mengembalikan kejayaan ekonomi bangsa kita,” kata Evo Morales dari Buenos Aires. 

Luis Arce bersama mantan presiden Bolivia Evo Morales (reuters)

Bolivia mengalami perkembangan “bonansa” ekonomi saat Arce menjadi menteri dari tahun 2006 – 2019. Ekonom yang berumur 59 tahun tersebut merupakan tamatan Universidad Mayor de San Andres di La Paz dan University of Warwick. Dia bekerja selama 18 tahun di Bank Sentral Bolivia kemudian menjadi Menteri Ekonomi dan Keuangan saat Evo Morales menjadi presiden Bolivia. Arce lebih dikenal sebagai seorang ekonom daripada seorang politisi. Dia juga mendedikasikan dirinya sebagai dosen di beberapa universitas seperti Harvard, Columbia dan Universitas de Buenos Aires.

BACA JUGA:
Begini Realisasi Aksi Nasional Pencegahan Korupsi Tahun 2019-2020
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More