Mempersiapkan Generasi Tangguh

(Belajar Dari Keluarga Nabi Ibrahim)

 

MEMPERSIAPKAN GENERASI TANGGUH
Sukron Ma’mun Yusuf, S.Ag, MA (Pengajar Character Building Agama, Universitas Bina Nusantara, Jakarta)

 

Oleh : Sukron Ma’mun Yusuf, S.Ag, MA (Pengajar Character Building Agama, Universitas Bina Nusantara)

Salah satu kewajiban orang tua terhadap keluarga adalah melindungi, menjaga, dan memelihara anggota keluarganya dari segala macam perbuatan buruk yang akan mengakibatkan mereka mendapatkan murka Allah dan siksa-Nya. Sebagaimana firman Allah SWT yang terdapat di dalam surat at-Tahrim ayat 6 :

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Melalui ayat ini Allah SWT mengingatkan kita semua untuk sungguh-sungguh dalam menjaga anggota keluarga kita dari segala macam perbuatan buruk yang akan mengakibatkan mereka masuk ke dalam neraka. Untuk mencegah anak-anak kita dari melakukan perbuatan-perbuatan buruk maka cara yang harus ditempuh adalah melalui jalur pendidikan. Pendidikan juga merupakan cara yang ditempuh dalam rangka mempersiapkan generasi yang tangguh, yakni generasi yang kuat dan tidak mudah mengeluh. Kokoh bagaikan batu karang yang tidak mudah goyah menghadapi berbagai macam rintangan. Mandiri diatas kaki sendiri tidak bergantung kepada yang lain. Dalam hal mempersiapkan generasi pengganti, Allah SWT mengingatkan kita semua di dalam surat an-Nisa ayat 9 sebagai berikut :

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More