Menelusuri Amonium Nitrat Yang Meledakkan Hampir Setengah Kota Beirut Lebanon

Kapal Rhosus pembawa amonium nitrat yang terdampar di Beirut

Pojokbebas.com Pada tanggal 23 Juli 2014, seorang jurnalis masalah kelautan, Mikhail Voytenko, menulis tentang kapal hantu misterius asal Rusia yang ia gambarkan sebagai “bom mengambang” karena ditinggalkan terlantar. Nama kapal tersebut Rhosus dan berlabuh di Beirut pada bulan Oktober tahun 2013 untuk meminta bantuan. Kapal tersebut berlayar dari Batumi Goergia dan tujuan akhirnya adalah Mozambik, Afrika. Namun ia tidak pernah sampai ke tempat tujuan. Di dalam kapa tersebut terdapat bahan kimia yang sangat berbahaya yakni 2.750 ton amonium nitrat. 

Kapal Rhosus, yang dibuat tahun 1986 dengan panjang 87 meter tersebut, ditahan di pelabuhan Libanon karena berdasarkan hasil inspeksi otoritas pelabuhan kapal tersebut mengalami gangguan dan tidak mungkin bisa melanjutkan pelayarannya dengan kondisi seperti itu. Maka kapal tersebut terdampar di Beirut dari Oktober 2013 sampai bulan Juli 2014, bersama dengan empat kru kapal, seorang kapten berasal dari Rusia dan tiga orang awak kapal dari Ukraina. 

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More