Pastikan Lebaran Aman, Pemerintah Lakukan Langkah Strategis Ini

JAKARTA, Pojokbebas.com– Pemerintah Indonesia telah mengambil beberapa langkah strategis untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perayaan Lebaran.

Langkah strategis itu antara lain meminimalisir potensi cuaca ekstrem hingga menjaga stabilitas harga pangan.

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Guswanto menyampaikan hal itu dalam Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema ‘Lebaran Aman, Mudik Ceria Penuh Makna’, Senin (1/4).

Guswanto menjelaskan bahwa teknik modifikasi cuaca dilakukan untuk meminimalisir kondisi cuaca ekstrem selama Lebaran nanti.

Hal ini karena pihaknya memprediksi cuaca seminggu sebelum Lebaran 2024 didominasi hujan ringan dan sedang, di mana hujan sedang bisa berpotensi menjadi cuaca ekstrem.

“Potensi cuaca ekstrem masih ada, terutama di beberapa daerah seperti Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua,” ujarnya.

Dia menyampaikan bahwa banjir di Semarang, Demak, Kudus, dan Pati pada Maret 2024 menjadi pengingat bahwa cuaca ekstrem masih menjadi ancaman, terutama menjelang Lebaran.

Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More