Penanganan Covid-19, Survei IPI: Daerah Lebih Baik dari Pusat

Menariknya, dibanding pemerintah pusat, daerah malah dinilai lebih baik. Sebanyak 54,3% responden dari masyarakat umum menilai baik kinerja pemerintah provinsi dalam menangani Covid-19. Sedangkan kelompok elite sebanyak 49,1% menilai kinerja pemerintah provinsi baik. Dalam penilaian ini, kata Burhanuddin, nampaknya elite lebih kritis. “Elite lebih critical dalam menilai evaluasi pemprov dibanding populasi umum. Pemuka opini (elite) antara pusat dan daerah cenderung lebih positif ke pemprov dibanding pusat,” jelas Burhanuddin.

Menurut Burhanuddin, hasil surveinya bisa dijadikan acuan bagi pemerintah pusat untuk melakukan evaluasi kerjanya selama ini. Karena faktanya kelompok elite menilai kerja pemerintah provinsi lebih baik dari pemerintah pusat dalam penanganan Corona.

“Ini temaun yang penting untuk pemerintah pusat kalau ditanyakan sekarang skor kinerjanya pemerintah pusat di bawah pemerintah provinsi menurut elite. Tapi menurut pemilih (umum), itu cenderung tidak terlalu berbeda. Elite mengapresiasi kinerja pemprov dibanding pemerintah pusat. Ini PR untuk pemerintah pusat,” katanya.

BACA JUGA:
Kader Dipolisikan, Ini Tanggapan Ketua DPC Hanura Matim
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More