Wapres: Unit Usaha Pertanian Turun pada 2023

DEPOK, Pojokbebas.com–Hasil Sensus Pertanian 2023 menunjukkan bahwa dalam 10 tahun belakangan ini terjadi penurunan dalam jumlah usaha pertanian.

Sensus Pertanian mengungkapkan bahwa 10 tahun terakhir turun sebanyak 7,42 persen yaitu 2,35 juta unit.

Hal ini memerlukan pengkajian mendalam mengenai penyebabnya dan menyusun langkah-langkah intervensi menyusutnya industri pertanian.

Wapres Ma’ruf Amin menyebut beberapa metode intervensi yang menurutnya masih relevan untuk mengaplikasikannya dalam skala nasional.

“Intensifikasi pertanian misalnya masalah pengairannya, jalur saluran air itu semua ya itu supaya tetap intensif, sehingga hasilnya tinggi,” tuturnya.

Ma’ruf menyampaikan itu usai menghadiri peluncuran ISEO 2024 dan peresmian I-GOV ke-3 2023 di UI, Depok, Jawa Barat, Selasa (5/12).

Kedua, Wapres menyampaikan bahwa ada juga mekanisasi dengan menggunakan inovasi teknologi modern pada alat dan mesin pertanian.

“Jadi semua mulai penggarapan sampai memanen itu pakai mekanik ya sehingga bisa tanam lagi, satu tahun tiga kali misalnya,” imbuhnya.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More