Wisatawan Prancis Puji Produk Mahasiswa Prodi Kewirausahaan dan Lukisan Prodi Desain Komunikasi Visual IFTK Ledalero

Laporan Wall Abulat (Wartawan Pojokbebas.com, Florespos.net, dan Alumnus IFTK Ledalero)

566
Wisatawan Prancis Puji Produk Mahasiswa Prodi Kewirausahaan dan Lukisan Prodi Desain Komunikasi Visual IFTK Ledalero
Wisatawan Prancis Mrs. Oceane didampingi alumnus IFTK Ledalero yang berprofesi guide Didakus mengunjungi stan Pekan Kewirausahaan di Halaman Gedung Kampus II ITFK Ledalero di Jalan Wairklau Maumere, Kelurahan Madawat, Senin (20/3/2023). Foto Istimewa.

 

MAUMERE, Pojokbebas.com – Wisatawan Prancis Mrs. Oceane SIMAR didampingi  alumnus Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif (IFTK) Ledalero Didakus yang berprpfesi sebagai guide menghadiri  Pekan Kewirausahaan yang diselenggarakan mahasiswa Prodi  Kewirausahaan dan pameran aneka lukisan karya mahasiswa prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) IFTK di Gedung Kampus II IFTK Ledalero di Jalan  Wairklau. Kelurahan Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Senin (20/3/2023). Mrs. Oceane pada kesempatan itu melihat dari dekat aneka produk dan lukisan yang dipajangkan. Usai menyaksikan karya mahasiswa  itu, Mrs. Oceane menyampaikan pujian dan kekagumannya atas aneka produk kewirausahaan yang dihasilkan mahasiwa dan aneka lukisan yang dipajangkan dalam pameran di Gedung Lantai II Kampus Baru itu.

Pantauan media ini, Mrs. Oceane didampingi Guide Didakus tiba di lokasi Pekan Kewirausahaan sekitar pukul 11.00 Wita. Setiba di lokasi kegiatan, Mrs. Oceane dan Didakus diterima oleh Ketua Prodi Kewirausahaan RP. Dr. Pice Dori, SVD dan beberapa mahasiswa Prodi Kewirausahaan. Pater Pice Dori, SVD pada kesempatan itu menyampaikan selamat datang kepada Mrs. Oceane dan Guide Didakus.

Setelah itu, Mrs. Oceane dipandu Guide Didakus mengunjungi tiga stan yakni Stan produk minuman, stan produk tas, dan stan gantungan kunci.

Setelah itu, Mrs. Oceane dipandu Guide Didakus bergegas ke lantai II Gedung Kampus Baru untuk melihat dari dekat aneka lukisan karya mahasiswa Prodi DKV.

Selama kurang lebih puluhan menit di lokasi pameran, Mrs. Oceane didampingi Guide Didakus melihat beberapa lukiksan karya mahasiswa dan mendapatkan penjelasan dari salah seorang mahasiswa bernama Inno Chrisantos di antaranya lukisan perempuan yang memegang bunga mawar yang layu sebagai simbol  perempuan yang sebenarnya indah  dan berharga tetapi  layu karena terkungkung oleh  adat budaya dan tradisi yang didominasi oleh laki-laki; dan lukisan tubuh manusia  yang ada di tengah samudera biru yang di kepalanya ada tulisan facebook dan twitter  sebagai simbol manusia  yang hilang di tengah samudera media sosial dan tekhologi. Selain dua lukisan di atas, Mrs. Oceane juga melihat dan mengagumi lukisan  Santo Arnoldus Janssen  dan Santo Joseph Freinademetz dalam lukisan optical. “I’am  very happy to be invited by Didakus to the this place. Thank you,” kata Mrs. Oceane.

Wisatawan Prancis Puji Produk Mahasiswa Prodi Kewirausahaan dan Lukisan Prodi Desain Komunikasi Visual IFTK Ledalero
Wisatawan Prancis Mrs. Oceane didampingi alumnus IFTK Ledalero yang berprofesi guide Didakus mengunjungi stan salah satu pelaku usaha Wao Craft Margaretha Setiarahayu, Senin (20/3/2023). Foto Istimewa.

 

Usai mengunjungi beberapa stan dan menyaksikan aneka lukisan karya mahasiswa, Mrs. Oceane menikmati segelas es kelapa muda. “I’m very happy, thank you,” kata Mrs. Oceane.

BACA JUGA :  SOKSI Luncurkan Program Nasional Beasiswa 1000 Sarjana

Mrs. Oceane menambahkan ia tidak mempumyai rencana ke lokasi itu karena barusan saja tiba di Bandara. “I have no plan to come here because  I’v just landed in the airport. I like to see some local products from   Sarong  I bought a glass of fresh young coconut in a hot day. And very impressive  with some paintings  in the building. I’m very happy. Thank you,” katanya.

Sebelumnya, media ini memberitakan bahwa pelaku usaha lintas agama baik pelaku usaha yang beragama Kristen Katolik, Kristen Protestan, maupun pelaku usaha yang beragama Islam mengikuti pekan kewirausahaan yang diselenggarakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Kewirausahaan  Institut Filsafat dan Tekhnologi Kreatif (IFTK) Ledalero yang digelar di Halaman Gedung Kampus II ITFK Ledalero di Jalan Wairklau Maumere, Senin (20/3/2023).

Pekan kewirausahaan ini dibuka oleh Ketua Program Studi Kewirausahaan ITFK Ledalero, RP. Dr. Pice Dori, SVD. Hadir dalam pembukaan Pekan Kewirausahaan ini di antaranya Wakil Bupati Sikka Romanus Woga, Rektor IFTK Ledalero Dr. Otto Gusti Madung, SVD; Wakil Rektor I RP. Dr. Josef Keladu Koten,SVD; Ketua Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) IFTK Ledalero, RP. Amandus Klau, SVD; Dosen Prodi Filsafat IFTK Ve Nahak, SVD; dan sejumlah dosen  Prodi Kewirausahaan IFTK Ledalero.

Pantauan media ini, dari 20 stan yang disiapkan oleh panitia, ada 4 stan dikhususkan untuk memajangkan aneka produk yang dihasilkan mahasiswa Prodi Kewirausahaan IFTK Ledalero dengan produk yang dipajangkan di antaranya  Pouch Bag, totebag tenun, selendang tenun, bucket hat tenun, temu lawat, kunyit putih, VCO, brownis nona, mie kita, masker mawar, sari jahe, dan aneka produk lainnya.

Sementara 16 stan lainnya terbuka untuk pelaku usaha masyarakat umum dari kalangan agama apa pun yang selama ini menjadi anggota AKU SIKKA yang dipimpin Ibu Sherly Irawati.

Pojokbebas.com  mencatat,  di antara belasan stan yang terbuka untuk masyarakat umum itu, ada beberapa stan ditempati pelaku usaha yang beragama Islam di antaranya Samsul Hadi asal Jawa yang memasarkan Es Pelangi dan Harumanis, pelaku usaha Sahlan asal Bima yang menjajakan jualan krepes, terang bulan, tahu isi, dan martabak, dan pelaku usaha Mariana Tanjung yang memasarkan pealatan moorlife/rumah tangga.

BACA JUGA :  Jokowi Dorong Peningkatan Produksi Kedelai Nasional

Tampak Ketua Prodi Kewirausahaan IFTK Ledalero, RP. Dr. Pice Dori,SVD; Wakil Rektor I IFTK RP. Dr. Josef Keladu Koten, SVD; Dosen Prodi Filsafat ITFK Ve Nahak, SVD; dan Rektor IFTK Ledalero, RP. Dr. Otto Gusti Madung, SVD menyambangi sebagian besar stan yang ada dan melakukan dialog dari hati ke hati dengan para pelaku usaha, termasuk pelaku usaha lintas agama.

Wisatawan Prancis Puji Produk Mahasiswa Prodi Kewirausahaan dan Lukisan Prodi Desain Komunikasi Visual IFTK Ledalero
Wisatawan Prancis Mrs. Oceane didampingi alumnus IFTK Ledalero yang berprofesi guide Didakus (kanan) dan Wartawan Pojokbebas.com Wall Abulat (kiri) mengunjungi stan tempat jual produk karya mahasiswa Prodi Kewirausahaan di Halaman Gedung Kampus II ITFK Ledalero di Jalan Wairklau Maumere, Kelurahan Madawat, Senin (20/3/2023). Foto Istimewa.

 

IFTK Terbuka untuk Semua

Ketua Prodi Kewirausahaan IFTK Ledalero, RP. Dr. Pice Dori, SVD yang dimintai tanggapannya terkait partisipasi pelaku usaha yang mengikuti pekan kewirausahaan yang berasal dari pelbagai lintas agama di sela-sela kunjungan ke setiap stan mengemukakan bahwa keberadaan ITFK dengan  dua prodi baru yakni Prodi Kewirausahaan, dan Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) menjadi terobosan baru yang memberi ruang kepada siapa saja, baik pelaku usaha, maupun calon mahasiswa untuk mengambil bagian dalam kegiatan usaha dan kegiatan perkuliahan di IFTK Ledalero.

“Untuk tahap pertama, dalam kegiatan Pekan Kewirausahaan ini, kami siapkan 20 stan dengan rincian 4 stan untuk memasarkan produk yang dihasilkan mahasiswa Prodi Kewirausahaan, dan 16 stan untuk pelaku usaha umum dari kelompok usaha dan agama apa pun. Dari 16 stan yang kami siapkan itu, ada dua stan untuk memasarkan produk dari pelaku usaha yang beragama Islam. Ada juga stan yang memasarkan produk dari pelaku usaha yang beragama Kristen Protestan. Kami semua bersaudara,” kata Doktor Bidang Pendidikan alumnus Universitas Kepausan Salesian Roma, Italia ini.

Doktor Pice Dori mengakui bahwa aneka produk yang dipajangkan selama Pekan Kewirausahaan, baik yang dihasilkan mahasiswa Prodi Kewirausahaan IFTK Ledalero, maupun ratusan produk lokal karya pelaku usaha lainnya, baik yang di bawah koordinasi AKU SIKKA milik Ibu Sherly Irawati, maupun pelaku usaha lokal lainnya di Kabupaten Sikka merupakan produk-produk berkualitas yang dihasilkan oleh kelompok usaha itu sendiri. “Pelaku usaha yang memasarkan produk-produk selama Pekan Kewirausahaan ini adalah pencipta/creator. Mereka sendiri yang menghasilkan produk-produk itu. Mereka bersikap lokal, tetapi berpandangan global,” kata Doktor Pice Dori.

Gedung Kampus II IFTK Ledalero di Maumere. Foto Istimewa.

 

Bangga

Dua pelaku usaha yang beragama Islam, Samsul Hadi dan Sahlan mengaku bangga karena bisa diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam Pekan Kewirausahaan di Kampus IFTK Ledalero milik Kongregasi Societas Verbi Divini atau Serikat Sabda Allah. “Kami sangat bangga dengan diikutsertakan dalam Pekan Kewirausahaan yang digelar Prodi Kewirausahaan IFTK Ledalero ini. Di ajang yang luar biasa ini, kami bangga bisa bertemu dengan semua orang dari pelbagai elemen warga, termasuk para pastor dan elemen warga lainnya,” kata Samsul.

BACA JUGA :  Bupati Sikka Optimis May Day 2023 Jadi Titik Tolak Aktualisasikan Kegiatan Positif Bagi Pekerja, Pengusaha, Pemerintah dan Masyarakat

Pantauan media ini, Samsul beberapa kali mendatangi Ketua Prodi Kewirausahaan RP. Dr. Pice Dori, SVD dan menyampaikan beberapa saran konkret agar momen serupa bisa dilakukan secara rutin, dan ia (Samsul) menyampaian beberapa usul konkret kepada pihak IFTK sebagai masukan agar partisipasi pelaku usaha  lainnya atau elemen warga lainnya semakin lebih banyak bila ajang serupa dilaksanakan  tahun depan.

Rektor Dr. Otto Gusti Madung, SVD Persilahkan Mahasiswi Berjilbab Kuliah di IFTK Ledalero
Ketua Prodi Kewirausahaan IFTK Ledalero, RP. Dr. Pice Dori, SVD (kiri), Wakil Rektor I IFTK RP. Dr. Josef Keladu Koten, SVD (ke-2 dari kanan) dan Dosen Prodi Filsafat IFTK, RP. Ve Nahak, SVD menyambangi salah seorang pelaku usaha Ibu Mariana Tandjung yang menjajakan jualan moorlife di ajang Pekan Kewirausahaan yang dilangsungkan di Halaman Gedung Kampus II ITFK di Mauemere, Jalan Wairklau, Kelurahan Madawat Senin (20/3/2023). Foto Wall Abulat

 

Apresiasi

Rektor IFTK Ledalero, RP. Dr. Otto Gusti Madung, SVD yang dalam sambutannya saat acara pembukaan Pekan Kewirausahaan dan saat diwawancarai di sela-sela meninjau stan antara lain menyampaikan apresiasi atas tingginya partisipasi semua pihak dalam Pekan Kewirausahaan, termasuk partisipasi dari pelaku usaha lintas agama. “Saya menyampaikan apresiasi atas partisipasi aktif dari kita semua,” kata Pater Otto Gusti.

Apresiasi serupa disampaikan Wakil Bupati Sikka Romanus Woga dalam sambutannya saat pembukaan Pekan Kewirausahaan.

Selain menyampaikan apresiasi kepada pelaku usaha, Wabup Romanus Woga secara khusus menyampaikan penghargaan kepada IFTK Ledalero yang menggelar  Pekan Kewirausahaan yang diselenggarakan Mahasiswa Prodi Kewirausahaan, dan Pameran yang diselenggarakan Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV).

Wabup Romanus berharap, agar dengan dua momen ini, dan tingginya partisipasi semua elemen pelaku usaha maka ajang ini semakin membuka kesempatan kepada masyarakat luas untuk mengirim tamatan SLTA  yang hendak melanjutkan studi ke IFTK Ledalero, baik untuk dua prodi baru yakni  Kewirausahaan dan DKV, maupun prodi-prodi lama yang sudah dibuka.

Rektor Dr. Otto Gusti Madung, SVD Persilahkan Mahasiswi Berjilbab Kuliah di IFTK Ledalero
Rektor IFTK Ledalero, RP. Dr. Otto Gusti Madung, SVD (kiri) mengunjungi stan yang memajangkan aneka produk yang dihasilkan mahasiswa Prodi Kewirausahaan IFTK Ledalero, Senin (20/3/2023). Foto Wall Abulat.

 

Talkshow Inspiratif

Media ini mencatat, kegiatan pada hari pertama pekan kewirausahaan ini diisi juga dengan acara talkshow inspiratif yang menampilkan  dua  narasumber  yakni Jack Sebastian selaku Omner La Mofa  Kopi Sikka;  dan Ketua HIPMI  Sikka  Joni Huang. Talkshow dipandu Dosen Prodi Kewirausahaan IFTK Ledalero, Egi Besli, S.E. Mak.

Talkshow inspiratif juga akan dilanjutkan pada hari kedua pekan Kewirausahaan pada Selasa (21/3/2023) dengan menampilkan dua nara sumber alumni IFTK Ledalero yakni Kepala Desa Detusoko Barat, Nando Watu selaku Pelaku Usaha Wisata Desa; dan Alumnus  IFTK Ledalero Donatus Suban selaku Pelaku Usaha Peternakan Kabupaten Sikka.***

hanura

Leave A Reply

Your email address will not be published.