Budiman Sujatmiko: Kita Harus Menjaga Demokrasi Sekuat Tenaga

 

Budiman Sudjatmiko
Budiman Sujatmiko, Politisi PDI Perjuangan | Foto IG @budimanaktivis98

 

Pojokbebas.com.  Tanggal 27 di bulan Juli merupakan tanggal dan bulan bersejarah bagi PDI Perjuangan. Setiap tanggal dan bulan itu, PDI Perjuangan memperingati pengambilalihan kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di Jalan Diponegoro oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan diri sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia pimpinan Soerjadi, ketua umum PDI hasil kongres Medan yang direstui regim Orde Baru pada saat itu.

Dilukiskan bahwa pada tanggal 27 Juli 1996 suasana kantor DPP PDI dan wilayah sekitarnya sangat mencekam. Sekelompok orang yang didukung oleh Soerjadi mendatangi kantor DPP, dan konflik berdarah pun tidak bisa dihindari. Ada banyak korban berjatuhan.

Namun persitiwa berdarah itu justru membangkitkan dan memperkuat ketokohan Megawati Sukarnoputri. Ibu Mega, begitu ia sering disapa, tidak hanya menjadi simbol perlawanan terhadap kepemimpinan PDI pimpinan Soerjadi. Ia juga adalah simbol bagi perlawanan terhadap pemerintahan represif Orde Baru pada saa itu.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More