Gelombang Protes Terhadap Pelantikan Presiden Lukashenko Meningkat

Gelombang protes menolak Presiden Lukashenko di Belarusia (reuter)

Pojokbebas.com Polisi Belarusia menahan sekitar 200 orang demonstran hari Minggu kemarin selama demonstrasi oposisi besar-besaran terhadap Presiden Alexander Lukashenko, yang mengambil sumpah secara rahasia meskipun dia telah menghadapi protes selama berminggu-minggu setelah pemilihan yang kontroversial, yang dianggap curang oleh oposisi dan banyak komunitas internasional.

Sejak pemilihan presiden pada tanggal 9 Agustus lalu, puluhan ribu masyarakat Belarusia turun ke jalan setiap hari Minggu di Minsk untuk mengecam terpilih kembalinya Lukashenko, yang mereka anggap curang. Mobilisasi massa setiap hari Minggu tidak berhenti meskipun ada represi yang kuat pihak pemerintah Lukashenko.

Di tengah hujan yang mengguyur kota Minsk, sekitar 100.000 orang berbaris memprotes Presiden Lukashenko. Demonstrasi yang sudah menjadi kebiasaan bersama di Minsk setiap hari Minggu direncanakan sampai Lukashenko turun. Kementerian Dalam Negeri mengindikasikan bahwa pasukan keamanan menahan sekitar 200 orang demonstran.

Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More