Gim Online dan e-Sport Jadi Subsektor Menjanjikan di Era Digital

BENGKALIS, Pojokbebas.com–Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021/2022 menyebut, subsektor aplikasi dan gim berhasil menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar Rp 31,25 triliun pada 2021.

Subsektor ini menjadi subsektor dengan laju pertumbuhan tertinggi kedua (sebesar 9,17 persen) setelah subsektor televisi dan radio (9,48 persen).

Dosen dan Praktisi Bisnis Digital Universitas Jambi Riyanto mengatakan, percapaian tersebut berdampak sangat baik pada peningkatan jumlah lapangan pekerjaan.

“Jumlah pekerja di subsektor aplikasi dan gim bertambah sebanyak 10.917 orang. Artinya, per 2021, ada sekitar 140.321 orang yang bekerja di subsektor menjanjikan ini,” kata Riyanto.

Pernyataan Riyanto diungkap saat tampil sebagai pembicara dalam webinar literasi digital di Kabupaten Bengkalis, Senin (20/5).

Diskusi virtual untuk segmen pendidikan itu digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau.

Riyanto mengatakan, perkembangan industri gim Indonesia terbaru, yaitu prestasi yang didapat gim lokal ”A Space for The Unbound”.

BACA JUGA:
Menteri PANRB Dorong Penerapan MPP Digital Lingkup Indonesia Timur
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More