“How Not to Die”

Resensi Buku

Oleh : Bernadinus Steni (Penggiat Standar Berkelanjutan)

 

How Not To DieSudah banyak buku yang mengupas masalah kesehatan. Banyak yang menyertakan hasil studi. Tidak sedikit pula yang hanya teori. Dalam buku How Not to Die, Michael Greger mengkombinasikan keduanya. Tesis utamanya adalah kematian prematur seharusnya dapat dicegah melalui cara-cara yang sederhana dengan mengubah menu makan dan pola hidup.

Michael Greger, seorang pembicara internasional, dokter, pendiri media NutritionFacts.org yang menjadi referensi banyak pakar dan pelaku kesehatan global menelusuri 15 sebab utama kematian di Amerika, antara lain jantung, berbagai jenis kanker, diabetes, parkinson, tekanan darah tinggi. Dia menunjukkan kontrol pada nutrisi dan gaya hidup dapat menyingkirkan pil,  operasi dan pendekatan medis lainnya, membebaskan manusia dari ketakutan akan hidup “setengah mati” menuju gaya hidup yang lebih sehat.

Kenyataannya, banyak dokter demikian hebat dalam menangani sakit yang akut tetapi amat kepayahan dalam mencegah penyakit kronis. Banyak pasien masuk ruang perawatan dalam keadaan sempoyongan. Selain menghabiskan biaya, juga menyedot habis energi keluarga.

Anda mungkin juga berminat
1 Komen
  1. Rafael berkata

    Sebuah refrensi bacaan yang bermutu

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More