Memperkuat Gerakan Anti Korupsi dalam Membangun Masyarakat yang Bermartabat

Oleh Veronika Sarina Jamita, Mahasiswi STIPAS St. Sirilus Ruteng

NEGARA Indonesia adalah negara yang sering dikenal dengan negara hukum. Artinya bahwa, negara Indonesia memposisikan hukum sebagai elemen sentral dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Hal ini menandakan komitmen bangsa Indonesia untuk membangun sistem hukum yang adil, transparan, dan akuntabel, di mana hukum menjadi pelindung bagi seluruh rakyat dan landasan untuk mencapai kemajuan bangsa. Kendatipun demikian, banyak masyarakat Indonesia yang belum melaksanakan hukum tersebut.

Hal ini tentunya membawa banyak masalah dalam berbangsa dan bernegara, salah satunya adalah masalah korupsi. Di Indonesia saat ini, banyak masyarakat cendrung melakukan tindakan kejahatan yang dapat merugikan orang lain diantaranya korupsi. Tindakan korupsi  saat ini marak dilakukan oleh petinggi negara atau para pejabat. Persoalan ini tentunya membawa dampak terhadap sistem kehidupan di negara Indonesia; mulai dari sistem ekonomi, sistem demokrasi, sistem politik, sistem hukum, sistem pemerintahan dan tatanan sosial masyarakat.

BACA JUGA:
Pengembangan Pendidikan Indonesia Menurut Ki Hadjar Dewantara
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More