Nama dan Jumlah Uang WNI di Luar Negeri di Saku Presiden

Ket. Foto | Sevrin Intang

 

Tahun 2006, Robert Langdon (Tom Hanks) membuka rekening Bank Swiss pada “Depository Bank of Zürich” (DBZ) di Paris, Perancis. DBZ adalah sebuah bank teknologi tinggi agar klien menyimpan dan menarik aset secara benar-benar anonim (R. Kinsman, 2018). Namun, penggunaan jenis rekening bank bernomor semacam ini termasuk ilegal di Perancis dan Swiss (Lee Ann Obringer, 2011).

Kisah tersebut di atas cuma cuplikan dari film thriler The Da Vinci Code dengan sutradara Ron Howard tahun 2006. Film ini berdasarkan novel laris Da Vinci Code karya Dan Brown tahun 2003. Seperti banyak bank Swiss, kotak-aman simpanan selalu terlampir dengan satu nomor, bukan nama. Pemilik memempunyai satu kunci dan satu nomor yang hanya diketahui oleh pemilik. Begitu tulis Dan Brown dalam Da Vinci Code.

Selama hampir 270 tahun hingga 2013, banyak rahasia rekening pada bank-bank di Swiss, ibarat legenda hidup. Namun, legenda dan kisah rahasia rekening bank di Swiss, seakan-akan kiamat sejak 2013. Awalnya Bank Wegelin di Swiss, dengan jejak sejarah sekitar 270 tahun menutup rahasia rekening bank, akhirnya ditutup.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More