Pemimpin Oposisi Belarusia Maria Kolesnikova Disandera Orang Tidak Dikenal

Maria Kolesnikova dalam sebuah demonstrasi di Minsk (contactophoto)

Pojokbebas.com Senin kemarin, pemerintah Jerman menuntut Belarusia  untuk memberikan “kejelasan tentang keberadaan” Maria Kolesnikova, salah satu lawan utama Presiden Alexander Lukashenko yang pada pagi hari ditahan oleh orang tak dikenal dan sejak saat itu menghilang.

“Penangkapan dan penindasan yang berkelanjutan, termasuk dan khususnya terhadap anggota Dewan Koordinasi (CC), tidak dapat diterima,” kata Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas, merujuk pada organisasi yang dibentuk untuk pengalihan kekuasaan secara damai di Belarusia, yang dipimpin oleh calon oposisi Svetlana Tikhanovskaya, di mana Kolesnikova adalah anggotanya.

Menurut saksi mata, insiden tersebut terjadi “di Museum Seni Nasional, orang tak dikenal menaikan Kolesnikova dalam sebuah minibus yang bertuliskan ‘Sviaz’ (Komunikasi) dan dia dibawa ke arah yang tidak diketahui.” Seorang juru bicara dan sekretaris eksekutif juga diculik.

Sementara itu pihak kepolisian Minsk menyangkal bahwa Kolesnikova telah ditangkap oleh petugasnya. Pavel Latushko, anggota lain dari presidium CC, menyatakan bahwa “satu-satunya hal yang dapat kita asumsikan adalah pihak berwenang melakukan segala upaya yang mereka bisa untuk menghalangi kerja Dewan sebisa mungkin.”

Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More