Peran Katekese dalam Mencegah Perilaku Koruptif

Oleh Elisabeth Jeniha Rame, Mahasiswi STIPAS St. Sirilus Ruteng

Perkembangan nilai moral dan etika yang dianut dalam masyarakat merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari, lebih khusus dalam mewujudkan masyrakat yang jujur, adil dan sejahtera, serta bertanggung jawab. Dengan mengedepankan nilai-nilai moral dan etika, maka terciptalah lingkungan masyarakat yang damai.

Kendati pun demikian bertolak dari situasi ini dengan situasi yang sangat riil sekarang bahwa nilai-nilai etika dan prinsip moral itu tidak lagi diterapkan dalam kehidupan bermasyrakat dan bernegara. Begitu banyak prilaku yang tidak senonoh dengan tindakan, salah satunya yaitu perilaku koruptif.

Perilaku koruptif ini adalah sebuah perilaku yang bukan lagi menjadi masalah yang baru dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bahkan perilaku ini bisa disebut sebagai suatu budaya di Indonesia sekarang, sebab perilaku ini sudah mendarah-daging dan sulit untuk dihindarkan oleh para pelaku. Lebih-lebih dalam era globalisasi dan kompleksitas sosial-politik yang semakin meningkat.

BACA JUGA:
Bumi Bukan Milik Manusia, Manusialah Milik Bumi
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More