Peran Serta Masyarakat dalam Memerangi Korupsi

Oleh Perpetua Adventa Owa (Mahasiswi STIPAS St. Sirilus Ruteng)

KORUPSI merupakan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh banyak negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dampak korupsi sangat merugikan, menghambat pembangunan, menggerus kepercayaan publik terhadap pemerintah, dan memperburuk ketimpangan sosial.

Peran serta Masyarakat dalam memerangi korupsi sangat Krusial dan tak bisa diabaikan. Karena korupsi juga merupakan ancaman serius yang merusak tatanan sosial, ekonomi dan politik.

Tanpa partisipasi aktif dari masyarakat upaya pemberantasan korupsi akan sulit mencapai hasil yang signifikan. Dengan demikian ada beberapa aspek penting mengenai peran serta masyarakat dalam memerangi korupsi yaitu;

Pertama, masyarakat memiliki kekuatan untuk mengawasi dan mengontrol kebijakan serta tindakan pemerintah. Transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan hanya dapat terwujud jika ada tekanan dan pengawasan dari masyarakat. Masyarakat dapat menggunakan berbagai saluran, seperti media massa, media sosial, dan organisasi non-pemerintah, untuk menyuarakan ketidakpuasan dan mengungkap praktek-praktek korupsi.

BACA JUGA:
Catatan Ketua MPR RI: Tangkal Radikalisme dengan Menguatkan Kearifan Lokal
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More