Sekali Lagi Tentang Tambang di Flores / Manggarai Timur

Oleh: Dr. Ignatius Iryanto Djou

 

 

 

Doktor Ignatius Iryanto Djou
Ignatius Iryanto Djou. (Foto Istimewa)

 

Pulau Flores adalah Pulau yang ramping memanjang dan di seluruh pulau dari ujung barat hingga ujung Timur, begitu banyak tujuan wisata luar biasa, baik yang sudah dikenal masyarakat maupun yang belum disentuh. Oleh karena itu, di tempat mana pun dibangun Tambang pasti akan merusak objek wisata yang dibangun di Flores, yang dikelola dan berbasiskan komunitas dan masyarakat Flores.

Ambil contoh lokasi tambang Karst di Manggarai Timur ini. Beberapa objek wisata yang jelas merupakan Lia Bua, lokasi penemuan Homo Florensis, si Hobbit dari Flores, Waerebo..kampung tradisional dengan arsitektur Unik, sesuai dengan legenda pend pendahulunya berasal dari tanah minang, Bena juga merupakan kampung tradisional di kabupaten tetangga, Labuan Bajo tujuan wisata Premium yang sudah dikenal luas, rangkaian 17 Pulau di Riung yang dijaga lingkungannya sejak masa Portugis dll. Oleh karena itu, tambang di Manggarai Timur itu dan ditempat manapun di Flores pasti akan pengembangan industri wisata di Flores, Lembata dan Alor (kepulauan Flores) yang sudah distate oleh banyak kaum terpelajar NTT, jauh sebelum gubernur sekarang menjadikannya sebagai tema kampanyenya.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More