Tambang Gamping di Matim Robohkan Bak Air Raksasa

 

Tambang Gamping Robohkan Bak Air Raksasa
Foto ilustrasi penambangan kawasan karst

 

JAKARTA, Pojokbebas.com-Minimnya pengetahuan masyarakat ditambah sikap pura-pura tidak tahunya Pemda Manggarai Timur akan fungsi dan peran kawasan karst membuat warga masyarakat dengan begitu mudah menggadaikan tanahnya kepada pengusaha penambangan batu gamping dan pengusaha pabrik semen.

Padahal kalau disimak betul pengalaman dari Masyarakat Spelelogi Indonesia (MSI) yang sudah lama bergelut untuk mengadvokasi kawasan karst dari Sabang sampai Merauke, betapa pentingnya kawasan karst untuk lingkungan hidup pada umumnya dan masyarakat di sekitar kawasan karstnya khususnya.

Petra Wacana, Koordinator Kampanye, Advokasi dan Konservasi Masyarakat Speleologi Indonesia (MSI), ketika dihubungi Pojokbebas.com via WA (15/07) mengungkapkan, sistem hidrologi di kawasan karst berfungsi sebagai pengontrol utama ekosistem kawasan karst di mana di bagian atas kawasan batu gamping terdapat zona epikarst yang merupakan daerah di bagian atas zona tidak jenu (unsaturated zone) yang berada di bawah lapisan tanah.

BACA JUGA:
Tokoh Lamba Leda Diaspora Tolak IUP Tambang dan Pabrik Semen Matim
Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More