Ini Jurus Jitu Bentengi Siswa dari Ancaman Cyberbulying

NGANJUK, Pojokbebas.com–Dunia teknologi digital berkembang cepat, tak terkecuali, tumbuh di dunia pendidikan yang juga berdampak negatif, seperti cyberbulying.

Untuk menghindari dampak buruk, pemanfaatan secara bijak dan cerdas, dengan panduan guru kekinian sebagai pendidik, dunia digital sangat membantu mewujudkan suasana belajar baru yang mudah, cepat, dan menyenangkan.

Sebab, di kalangan anak dan remaja, tak terhindar fenomena cyberbullying, saling ejek, berkomentar jelek di media sosial dan menimbulkan efek mental psikologis serius.

Menurut Itsna Sofiani, staf ahli Bupati Nganjuk, hal ini mesti dicermati guru dan orangtua secara kolaboratif. Sebab, sering dilaporkan di banyak sekolah, ada siswa jadi takut masuk sekolah, takut di-bully temannya.

“Bahkan, di Jawa Timur pernah ada kasus siswa 13 tahun sampai – maaf – bunuh diri gara-gara di-bully teman. Gegara tak punya ayah atau gegara diledek anak orang miskin,” terangnya.

Itsna Sofiani menyampaikan hal itu saat menjadi narasumber dalam webinar literasi digital untuk segmen pendidikan dasar di Kabupaten Nganjuk, Rabu (3/4).

Berita Terkait
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More